SOLOPOS.COM - Suasana sebuah diler kendaraan Proton di Bandung, Jawa Barat. (JIBI/Bisnis Indonesia/Armin Abdul Jabbar)

Suasana sebuah diler kendaraan Proton di Bandung, Jawa Barat. Proton menjalin kerja sama dengan Honda untuk meningkatkan daya saing dan inovasi. (JIBI/Bisnis Indonesia/Armin Abdul Jabbar)

KUALA LUMPUR – Produsen mobil terbesar ke-3 di Jepang Honda Motor Co akan menjalin kerjasama dengan Proton Holdings Bhd untuk berbagi platform mobil dan fasilitas produksi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kedua perusahaan yang menandatangani perjanjian tersebut akan bekolaborasi menciptakan teknologi dan model mobil terbaru untuk memperbanyak portofolio mereka. “Memiliki mitra bisnis yang kuat dan mendunia seperti Honda akan memberikan kesempatan bagi kami untuk berkembang sebagai industri manufaktur,” ujar induk usaha Proton DRB-Hicom Bhd dalam keterangan resminya seperti yang dikutip Bloomberg (30/10/2012).

Honda telah memproduksi mobil di Malaysia termasuk model sport utility vehicle (SUV) CR-V. Bagi Proton, kerjasama ini akan memberikan akses teknologi yang dapat meningkatkan ekspor produk mereka, setelah sebelumnya mereka gagal mengadakan kerja sama dengan Volkswagen AG dan Peugeot SA. Menurut Daniel Wong, analis Hong Leong Financial Group Bhd., perjanjian ini merupakan bentuk komitmen DRB untuk membangun kembali Proton dengan mitra bisnis yang strategis.

Proton yang didirikan oleh mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad pada 1983 berjuang keras untuk berkompetisi dengan rival utama yakni Toyota Motor Corp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya