Perlu Tahu, Ini Kemudahan yang Didapat saat Pakai QRIS Antarnegara

 Layanan QR Code Indonesian Strandard (QRIS) yang menghubungkan pembayaran antarnegara (Cross-border QR) dinilai mampu memberikan kemudahan pembayaran bagi beberapa sektor.

 Warga melakukan pembayaran nontunai menggunakan QRIS di salah satu lapak pelaku usaha kuliner di Jalan Rungkut Lor Gang II, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/2/2022). Pemkot Surabaya meresmikan kampung yang memiliki 71 pelaku UMKM dengan hasil produksi berbagai macam jajanan tersebut sebagai Kampung Wisata Kue guna meningkatkan perekonomian warga. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/nym.

SOLOPOS.COM - Warga melakukan pembayaran nontunai menggunakan QRIS di salah satu lapak pelaku usaha kuliner di Jalan Rungkut Lor Gang II, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/2/2022). Pemkot Surabaya meresmikan kampung yang memiliki 71 pelaku UMKM dengan hasil produksi berbagai macam jajanan tersebut sebagai Kampung Wisata Kue guna meningkatkan perekonomian warga. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/nym.

Solopos.com, SOLO — Layanan QR Code Indonesian Strandard (QRIS) yang menghubungkan pembayaran antarnegara (Cross-border QR) dinilai mampu memberikan kemudahan pembayaran bagi beberapa sektor.

Di antaranya masyarakat secara luas dan pariwisata. Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan QRIS Antarnegara atau cross-border QR payment linkage pada 25 Agustus 2022 lalu.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Berdasarkan pernyataan yang diterima Solopos dari Kantor Perwakilan BI Solo, QRIS Antarnegara dinyatakan sebagai inovasi pembayaran lintas negara. QRIS Antarnegara sudah diterapkan di beberapa unit wisata di Soloraya. Di antaranya di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Taman Balekambang, Candi Sukuh, dan Rumah Atsiri.

Sejauh ini QRIS Antarnegara baru bisa digunakan di empat negara. Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina sudah terinterkoneksi dengan Indonesia. QRIS Antarnegara menjadi inisiasi awal integrasi sistem pembayaran bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara dalam lingkup local currency setlement (LCS).

Inisiasi dan digitalisasi pembayaran lintas negara menjadi salah satu agenda prioritas dalam pembahasan Presidensi G20 Indonesia 2022.

Baca Juga: BRI Menanam Siap Bagikan 1,75 Juta Bibit Pohon, Bisa Serap 108.000 Ton CO2

BI pada laman bi.go.id menyatakan, interoperabilitas atau kemampuan dua atau lebih sistem untuk berbagi pakai data/informasi atau dipandang perlu diperkuat di tengah peningkatan digitalisasi ekonomi dan keuangan.

Salah satunya dengan percepatan digitalisasi menuju inklusi ekonomi-keuangan, remitansi atau jasa pengiriman uang yang dilakukan oleh pengirim dari Indonesia ke penerima di luar negeri atau sebaliknya, perdagangan ritel, dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapat oleh masyarakat. Perwakilan Kantor BI Solo melalui menyampaikan penerapan QRIS Antarnegara di objek wisata akan memberikan kemudahan pembayaran, baik kepada pengelola objek wisata mau pun wisatawan.

Pertama, transaksi dapat dilakukan langsung menggunakan rupiah ke mata uang yang dituju. Masyarakat tidak perlu lagi menukar uang rupiah ke dollar AS.

“Model bisnis QRIS Antarnegara memungkinkan transaksi pembayaran dengan mata uang lokal masing-masing negara yang otomatis akan dikonversikan,” tulis BI Solo.

Baca Juga: PT Kliring Berjangka Catatkan Barang Resi Gudang Capai Rp1,04 Triliun

Kedua, penggunaan QRIS Antarnegara dinilai bisa mengakomodir pembayaran non tunai yang cepat, mudah, dan aman. Bagi pengelola tempat wisata atau UMKM misalnya, pembayaran dengan QRIS Antarnegara memudahkan pencatatan.

“Proses transaksi lebih aman karena tercatat dalam sistem sehingga pembukuan lebih mudah,” lanjut BI.

Ketiga, menambah nilai keamanan. Misalnya menghindarkan pelaku transaksi dari risiko penggunaan uang palsu. Selain itu tak perlu ada pengembalian dana atau nilai pembayaran yang kurang.

Keempat, pembayaran dengan QR Code bisa mencegah penularan virus dan penyakit melalui perpindahan uang kertas.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      PT Widodo Makmur Perkasa Tbk & Dompet Dhuafa Beri Bantuan Korban Gempa Cianjur

      PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP atau WMP) berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, bergerak cepat mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi Cianjur.

      Telkom Raih 2 Penghargaan Bergengsi di Ajang Anugerah Media Humas 2022

      Anugerah Media Humas 2022 diikuti humas dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, perusahaan BUMN dan BUMD, hingga humas perguruan tinggi negeri.

      Nominal Limit Transfer BCA Berdasarkan Jenis Kartu

      Berikut adalah informasi terkait batas atau limit transfer dari BCA yang dibedakan berdasar jenis kartu.

      Disebut Layak Jadi Panglima TNI, Segini Harta Kekayaan Yudo Margono

      Sebagai bagian dari penyelenggara negara, harta kekayaan Yudo Margono wajib dilaporkan secara rutin ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

      Bangga! 2 Tahun Beruntun, BRI Raih Peringkat Tertinggi di Ajang ASRRAT 2022

      Skor BRI dalam ESG Risk Rating dari Sustainalytics tercatat mengalami perbaikan secara konsisten.

      Presiden: Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72 Persen di Tengah Resesi Global

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah ancaman badai resesi yang dialami sejumlah negara di dunia.

      Hyundai Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur Senilai Rp2 Miliar

      T Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) bersama-sama memberikan donasi kepada para korban gempa di Cianjur.

      Liburan Lancar di Akhir Pekan, Simak Jadwal KRL Solo-Jogja Hari Ini

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja pada hari ini, Sabtu (2y6/11/2022).

      BI Perkirakan Inflasi Mencapai 0,18 Persen pada November 2022

      Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada November 2022 mencapai 0,18 persen dibandingkan bulan sebelumnya atau month-to-month (mtm).

      Penggemar Vespa Merapat! Piaggio Mau Bawa Motor Listrik ke Indonesia

      Pemerintah Indonesia telah berbincang dengan produsen Vespa, Piaggio Group, untuk menghadirkan motor listrik ke Tanah Air.

      262 Unit Mobil Listrik Ioniq 5 Eks G20 Bali Siap Dilego, Berminat?

      PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akan menjual mobil listrik Ioniq 5 bekas kendaraan operasional G20.

      Wow...! Target Penjualan Mobil pada 2023 Nyaris Tembus 1 Juta Unit

      Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan proyeksi penjualan pada 2023 akan meningkat sedikit dibandingkan target penjualan pada 2022.

      KA Blambangan Ekspres Jurusan Semarang-Banyuwangi Diluncurkan, Ada Promonya!

      PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) meluncurkan KA Blambangan Ekspres dengan rute Banyuwangi-Semarang pulang pergi (PP) menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.

      JNE Bebaskan Biaya Pengiriman Bantuan Gempa Cianjur

      JNE juga bekerja sama dengan berbagai pihak atau lembaga yang akan menyalurkan bantuan ke korban gempa Cianjur.

      Kominfo Siapkan Aturan untuk Lindungi Reseller, Ini Poinnya

      Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana menyusun payung hukum untuk melindungi jasa jual kembali (reseller) di Tanah Air.

      Masifkan Literasi Keuangan, OJK akan Libatkan Kepala Desa Jadi Agen Literasi

      OJK Regional 3 Jawa Tengah (Jateng) dan DIY akan menjalankan program literasi dan inklusi keuangan dengan melibatkan kepala desa atau lurah sebagai agen di lapangan.