SOLOPOS.COM - Ilustrasi petugas SPBU mengisikan BBM ke mobil konsumen. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Kehabisan bahan bakar minyak (BBM) saat sedang melakukan perjalanan merupakan hal yang sering terjadi atau  dialami para pengendara.

Jika ini terjadi, hal pertama yang dilakukan adalah mencari SPBU terdekat. Kalau dulu, kita akan segera turun mencari orang-orang sekitar untuk bertanya di mana lokasi SPBU terdekat. Namun zaman Internet seperti saat ini, Anda tidak perlu repot-repot melakukan hal itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cara mencari SPBU terdekat kini cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan ponsel atau HP untuk mengakses informasi terkait lokasi SPBU Pertamina yang dekat dengan lokasi Anda.

Metode yang paling umum digunakan adalah melalui aplikasi Google Maps. Anda cukup mengaktifkan lokasi di HP, lalu masukkan kata kunci SPBU Pertamina terdekat.

Nantinya, layar akan menampilkan berbagai pilihan lokasi SPBU Pertamina terdekat. Sehingga, akan mempermudah kamu untuk menuju lokasi tersebut.

Apalagi, saat ini SPBU Pertamina sudah tersebar luas hingga ke seluruh Indonesia. Karena itu, Anda tidak perlu panik jika tiba-tiba kehabisan bensin saat sedang melakukan perjalanan.

Saat lampu bergambar bensin sudah menyala, Anda memiliki sedikit waktu untuk mencari SPBU Pertamina terdekat.

Baca Juga: Harga Pertamax di Sragen Turun, Pengelola SPBU Lakukan Penyesuaian Totem

Berikut ini adalah beberapa cara mencari SPBU Pertamina terdekat yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Menggunakan Google Assistant

Pastikan fitur Assistant Voice Match pada HP Anda sudah aktif. Selanjutnya, ucapkan “OK Google”. Setelah itu ucapkan “SPBU Pertamina terdekat”.

Jika ucapan Anda sudah terdeteksi oleh Google Assistant, maka akan muncul daftar SPBU terdekat pada layar HP Anda. Lalu klik “Direction” dan Anda akan diarahkan menuju lokasi SPBU pilihan Anda.

2. Menggunakan pencarian Google

Buka aplikasi Google atau Browser pada HP Anda. Sebelumnya pastikan GPS pada HP Anda menyala. Jika sudah, diaktifkan dengan mengetik “SPBU Pertamina terdekat” atau “Pom Bensin terdekat” pada kolom pencarian Google.

Setelah itu, klik menu “Search” atau “Cari”. Lokasi SPBU terdekat akan muncul secara otomatis di layar bagian atas beserta keterangan jarak tempuh dan lokasi tempat SPBU berada.

 

3. Menggunakan aplikasi MyPertamina

Buka aplikasi MyPertamina yang telah Anda unduh di ponsel. Aktifkan GPS pada ponsel kamu. Daftar akun jika belum memiliki akun. Setelah berhasil mendaftar, masuk lalu pilih menu “Outlet terdekat”.

Setelah itu, aplikasi MyPertamina akan menampilkan daftar SPBU terdekat dengan lokasi Anda beserta kode SPBU, fasilitas dan alamat.

4. Menggunakan Google Maps

Buka aplikasi Google Maps di HP Anda. Sebelumnya pastikan bahwa GPS Anda menyala. Kemudian ketik “SPBU Pertamina” pada kolom pencarian yang tertera, lalu klik cari.

Setelah itu, daftar SPBU Pertamina terdekat akan muncul di layar ponsel kamu, lengkap beserta keterangan jarak dan alamat. Pilih salah satu SPBU yang kamu inginkan. Klik “Direction” untuk memunculkan rute, dan Anda akan diarahkan dari lokasi sekarang menuju SPBU terdekat yang sudah kamu pilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya