Perlu Tahu, Ini 10 Tips Memperbaiki Postur Tubuh
Posisi duduk saat work from home bisa memengaruhi postur tubuh (Freepik)

Solopos.com, SOLO– Tahukah Anda, postur tubuh turut dipengaruhi oleh kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Jadi kegiatan seperti work from home (WFH) yang mengharuskan kita melakukan pekerjaan di depan monitor seharian juga bisa punya pengaruh pada postur tubuh kita.

Hati-hati bila cara duduk tak tepat,  hal ini membuat postur tubuh menjadi cenderung agak membungkuk. Bila dibiarkan, hal ini tentu akan berdampak pada penampilan dan kesehatan.

Mengingat, penampilan akan lebih menarik dan proporsional jika kita memiliki postur tubuh yang baik. Tidak hanya itu, postur tubuh yang baik juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.

Jika saat ini Anda merasa kurang puas dengan postur tubuh Anda, untuk mengatasinya Anda perlu mengubah kebiasaan melalui hal sederhana namun rutin dilakukan.

Berikut ini perhatikan cara memperbaiki postur tubuh dilansir Suara.com dan sumber lain, Kamis (17/9/2020).

Sekolah Di Karanganyar Kotor? Awas Terciduk Tim Pengawas!

1. Bawa tas selempang di bahu yang berbeda

Membawa beban di satu sisi bahu akan berdampak pada postur tubuh serta menyebabkan nyeri otot serta punggung, demikian menurut hasil studi dari Teeside University dikutip dari Liputan.com.

Solusinya, selempangkan tas Anda di bahu kanan dan kiri secara bergantian. Juga hindari membawa tas yang terlalu berat di salah satu sisi atau kenakan tas cross-body agar beban yang Anda bawa tersebar merata.

2. Melakukan olahraga teratur

Terdapat beberapa jenis olahraga yang dapat Anda lakukan. Opsi pertama yang dapat jadi pilihan ialah Yoga. Olahraga satu ini tidak hanya dapat membantu Anda memperbaiki postur tubuh melainkan juga memperbaiki masalah pernapasan. Anda dapat melakukan beberapa gerakan Yoga di rumah secara mandiri. Tiga gerakan utama yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki postur tubuh adalah Reverse Namaste, Extended Side Angle, dan Camel.

Jika Yoga dirasa terlalu berat, Anda juga dapat melakukan latihan pilates ringan dengan melakukan beberapa bentuk gerakan. Tiga gerakan awal yang dapat Anda pelajari ialah Child’s pose, Forward fold, dan Cat cow.

3. Menerapkan pola makan dan tidur yang sehat

Selain berolahraga, Anda juga perlu menerapkan pola makan dan tidur yang sehat. Pastikan tubuh Anda terpenuhi nutrisi yang cukup seperti Vitamin D dan Kalsium. Keduanya merupakan nutrisi paling penting untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Kemudian, pastikan Anda memiliki kualitas tidur yang baik dan waktu tidur yang sesuai dengan usia Anda. Seperti yang disarankan, untuk orang dewasa yang berusia 18 – 64 tahun, rentang waktu tidur terbaik ialah selama 7 jam – 9 jam per hari. Sedangkan untuk remaja yang berusia 14 – 17 ialah sekitar 8 – 10 jam per hari.

4. Menerapkan posisi duduk yang benar: Duduk tegak

Saat duduk, aturlah posisi tubuh agar punggung dan paha membentuk sudut 90 derajat. Bagian kaki Anda juga harus menyentuh lantai. Begitu pula saat duduk sambil mengemudi, aturlah posisi duduk dengan memastikan punggung Anda bersandar dengan jarak antara kepala dan sandaran tidak lebih dari 10 cm. Jangan lupa untuk beristirahat dengan merengangkan otot tubuh Anda setelah duduk selama satu jam.

Dilansir dari Liputan6.com Minggu (16/4/2017), Dr Scantlebury dari Fit Club Physical Therapy and Sports Performance Center menegaskan pentingnya menjaga arah pandangan tetap fokus ke depan untuk menghindari leher dan pundak yang terlalu sering menunduk. Hal itu akan menyebabkan nyeri punggung berkepanjangan serta postur tubuh menjadi tak baik.

135 Orang Meninggal Dunia Karena Covid-19 Di Soloraya, Terbanyak Di 2 Daerah Ini

5. Perhatikan telinga

Pernah menyadari seperti apa postur tubuh Anda ketika tengah mengetik pesan di ponsel? Kepala Anda akan menunduk dan punggung menjadi melengkung. Cara mudah untuk mencegah kepala terlalu menunduk ialah dengan menjaga posisi telinga tetap sejajar dengan pundak. Ini akan memperkuat tulang belakang dan mencegah tekanan berlebih pada leher, saran Dr Scantlebury.

6. Hindari menyilangkan kaki

Cara mudah lainnya menjaga tulang belakang tetap lurus saat Anda duduk adalah menyejajarkan pundak tepat di atas pinggul. Artinya, hindari duduk dengan menyilangkan kaki.
Duduk dengan menyilangkan kaki sepanjang hari bisa berdampak buruk pada tubuh bagian bawah serta tulang belakang.

7. Tinggikan kursi

Bila Anda duduk sepanjang hari di kantor, periksalah apakah kursi Anda terlalu rendah dari meja. Perhatikan apakah siku Anda membentuk sudut 90 derajat ketika mengetik. Bila tidak, Dr Scantlebury menyarankan untuk menaikkan kursi Anda. Ini akan meredakan tekanan pada otot trapezoid bagian atas yang bisa menjadi tegang karena pundak membungkuk.

8. Lakukan peregangan

Bila Anda merasa tubuh mulai membungkuk, ubah posisi menjadi duduk tegak dan letakkan tangan kiri di sisi kanan kepala untuk menekan telinga ke arah kiri bawah. Pertahankan posisi tersebut selama 30 detik lalu lakukan pada arah sebaliknya.

Dr Scantlebury merekomendasikan untuk mengulang gerakan ini dua kali sehari untuk melemaskan leher serta tekanan pada punggung.

9. Menerapkan posisi tidur yang benar

Posisi tidur yang benar ialah posisi yang dapat mempertahankan lekukan tubuh. Jangan tidur menghadap ke samping dengan menekuk tubuh Anda. Posisi ini dapat membuat punggung dan leher Anda terasa tegang dan tidak nyaman. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan kasur yang elastis sehingga ketika tidur tubuh Anda tetap dalam posisi yang lurus.

10. Menerapkan cara berjalan yang benar

Mulailah memperbaiki cara berjalan Anda dengan berlatih keseimbangan. Selain itu, mulailah berjalan dengan beban tubuh dipusatkan pada bagian depan kaki. Biasanya jika bertumpu pada bagian tumit, saat berjalan tubuh Anda akan cenderung membungkuk. Mengenakan alas kaki yang nyaman dan sesuai dengan lekukan kaki asli juga akan membantu Anda berjalan dengan postur tubuh benar.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom