SOLOPOS.COM - Wedangan Sultan di Jalan Tentara Pelajar No. 41, Gayamprit, Klaten Selatan, Jumat (16/10/2020) petang. Di tengah pandemi Covid-19, pengelola wedangan tersebut turut mengkampanyekan rajin cuci tangan pakai sabun. (Espos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Kesadaran untuk menerapkan aturan protokol kesehatan di tempat usaha kian baik. Seperti di Klaten, pengelola Wedangan Sultan di Jl. Tentara Pelajar No. 41, Gayamprit, Klaten Selatan, turut mengkampanyekan agar para pembeli rajin cuci tangan pakai sabun. Caranya, pengelola menempel papan pengumuman di beberapa lokasi di kompleks Wedangan Sultan.

Pemilik Wedangan Sultan, Filla S., mengatakan membikin peraturan yang harus ditaati para pembelinya. Selain wajib memakai masker, para pembeli diwajibkan cuci tangan terlebih dahulu sebelum memesan menu makanan dan minuman di Wedangan Sultan Klaten Selatan. Agar ajakan tersebut berjalan efektif, pengelola Wedangan Sultan memasang papan pengumuman di sejumlah lokasi di Wedangan Sultan. Di antaranya di pintu masuk menuju gerobak angkringan, di gerobak angkringan, di dekat kasir, dan di tempat menyantap hidangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hajatan di Klaten Sudah Ramai, Vendor Sampai Tambah Tenaga Kerja

"Terkait dengan pencegahan Covid-19, kami sudah pasang sejumlah kertas yang inti tulisannya mengingatkan agar selalu cuci tangan terlebih dahulu. Kami juga sudah sediakan wastafel, sabun, dan tisu," kata Filla, saat ditemui wartawan di Wedangan Sultan Klaten Selatan, Jumat (16/10/2020) malam.

Filla mengatakan pengumuman tersebut terdapat beberapa poin. Hal itu mencakup tata cara saat pembeli datang hingga menyantap menu makanan/minuman.

Gunakan Satung Tangan

Secara rinci tata cara pemesanan di Wedangan Sultan diatur sebagai berikut. Pelanggan yang datang langsung diminta mencuci tangan di tempat yang telah disediakan. Saat cuci tangan wajib memakai masker. Selanjutnya, pengambilan makanan dilakukan dengan menggunakan sarung tangan plastik yang sudah disediakan. Para pembeli dipersilakan memesan menu makanan/minuman yang disediakan. Karyawan Wedangan Sultan akan mengantarkan menu pesanan ke meja pembeli.

Update Covid-19 Klaten: Total 739 Positif, 647 Sembuh 68 Dirawat

"Di tengah pandemi Covid-19 ini kami berharap ke seluruh pelaku usaha agar jangan patah semangat. Untuk para pembeli, silakan jajan dengan mendukung produk-produk lokal," katanya.

Hal senada dijelaskan Ahmad Waskito Aji selaku suami Filla. Wedangan Sultan tetap menaati protokol pencegahan Covid-19. "Menu makanan utama di sini indomi kuah susu. Segmen wedangan di sini mencakup semuanya. Kami punya ruangan yang ber-AC dan tidak ber-AC," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya