SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta kesiapan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mobile yang melayani di dua arah jalan tol Trans Jawa. Menurutnya, hal itu akan menjamin kelancaran arus lalu lintas di jalan tol saat musim liburan Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Untuk tol Trans Jawa, saya kira sih cukup. Kami melihat yang harus dilakukan adalah antisipasi di dua arah,” kata Ignatius Jonan di sela-sela meninjau Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Semarang Group PT Pertamina di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/12/2018) malam. Dalam kesempatan itu, ia tampak didampingi Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina Mas’ud Khamid dan Direktur BBM BPH Migas Patuan Alfon.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Dipaparkannya kemudian, berdasarkan pengalaman pengoperasian jalur jalan tol Trans Jawa saat libur Lebaran lalu, arus kendaraan terpantau padat satu arah, yakni pada sampai H-7 dari arah barat ke timur, sementara pada H+ berbalik dari timur ke barat. “Namun, ini kan enggak. Natal dan Tahun Baru kan semuanya liburan, baik yang merayakan Natal ataupun tidak. Jadi, bisa potensinya dua arah [tol Trans Jawa]. Itu sifatnya mobile, mobile dispenser,” katanya.

Diakuinya, volume kendaraan yang melintas saat liburan Hari Natal dan Tahun Baru kemungkinan tidak akan sepadat ketika arus mudik dan balik Lebaran. Meski demikian, ia menegaskan secara frekuensi bisa saja arus lalu lintas padat berbarengan dari yang ke timur maupun ke barat.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero) Mas’ud Khamid menyebutkan sudah menyiapkan 33 titik SPBU tambahan atau SPBU satgas di jalur tol Trans Jawa bekerja sama dengan pengelola tol. “Kami sudah siapkan. Jadi, mulai Merak sampai Pasuruan, Malang, kami siapkan. Kemudian, dari Lampung sampai Palembang kurang lebih ada 200 km juga kami siapkan bekerja sama dengan PT Hutama Karya,” katanya.

Untuk wilayah Jawa Tengah, kata dia, disiapkan sebanyak 18 titik sesuai dengan permintaan PT Jasa Marga selaku pengelola tol mulai Brebes sampai Ngawi. “Yang jelas, Pertamina siap 100 % untuk mengawal [kebutuhan BBM] saat Natal dan Tahun Baru 2018/2019,” kata Mas’ud.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya