Kategori: Klaten

Perlintasan KA Barat Stasiun Klaten Ditutup, Pelaku Usaha di Dekat Lokasi Tetap Kalem


Solopos.com/Ponco Suseno

Solopos.com, KLATEN - Pelaku usaha di dekat perlintasan Kereta Api (KA) di barat Stasiun Klaten memilih kalem menyikapi penutupan jalan pintu lintasan (JPL) 280, dalam waktu dekat. Sesuai rencana, perlintasan KA di JPL 280, yakni di barat Stasiun Klaten resmi ditutup permanen, Selasa (9/2/2021).

Salah seorang pemilik jasa cucian sepeda motor di dekat JPL barat Stasiun Klaten, Narno mengaku sudah menjalankan usahanya di lokasi tersebut selama bertahun-tahun silam. Pria berusia 55 tahun ini berharap penutupan JPL tersebut tak memberikan dampak negatif ke usahanya.

Baca Juga: Disebut Lamaran dengan Kaesang Pangarep, Netizen Kepo Agama Felicia

"Saya sudah mengetahui perlintasan di barat Stasiun Klaten ini akan ditutup, 9 Februari 2021. Di tingkat RT juga disosialisasikan soal itu. Saya tak mempermasalahkan dengan penutupan itu. Saya sudah menyadarinya. Tapi, saya berharap usaha saya tetap jalan seperti biasa. Saya pun tak tahu pasti, setelah ditutup itu usaha saya akan tetap rapai atau tidak. Soalnya, orang akan berjalan berputar ke arah Klasis atau Srago," kata Narno, saat ditemui Solopos.com, Kamis (4/2/2021).

Pelanggan Menurun

Narno mengatakan pelanggan yang mendatangi tempat cuciannya sebenarnya mulai menyusut di tengah pandemi Covid-19. Dalam sehari, dirinya melayani 20 sepeda motor. Jumlah itu lebih sedikit dibandingkan sebelum muncul pandemi Covid-19, yakni mencapai 30 sepeda motor per hari.

"Saya pasrah saja dengan penutupan itu. Rezeki sudah ada yang mengatur, yaitu Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Sebagaimana diketahui, perlintasan KA di JPL 280, tepatnya di barat Stasiun Klaten bakal ditutup secara permanen, Selasa (9/2/2021). Penutupan itu menyusul akan beroperasinya kereta rel listrik (KRL) Solo-Jogja, 10 Februari 2021. Berbekal penutupan itu, arus lalu lintas dialihkan ke Klasis dan Srago.

Baca Juga: Sidang Penganiayaan Anggota Perguruan Silat di Karanganyar Diwarnai Kericuhan, Polisi Lepaskan Tembakan

"Sosialisasi penutupan perlintasan KA di barat Stasiun Klaten sudah dilakukan ke masyarakat kemarin. Kami juga memasang lima spanduk terkait penberitahuan itu. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Polres Klaten dan Pemkab Klaten," kata Kepala Stasiun Klaten, Sutopo.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi