SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Solopos)

Perlindungan warga dari aksi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) diupayakan Pemkab Magelang dengan pembentukan satgas peduli sosial.

Kanalsemarang.com, MAGELANG– Pemerintah Kota Magelang akan membentuk satuan tugas (satgas) peduli sosial untuk menekan tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang menimpa anak dan perempuan, serta untuk mengantisipasi berbagai masalah sosial di lingkungan masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kemarin waktu Bu Khofifah (Menteri Sosial, red) datang ke Kota Magelang mendesak segera dibentuk satgas peduli sosial,” kata Penjabat (Pj) Walikota Magelang Rudy Apriantono saat melakukan roadshow di Kelurahan Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Senin (12/10/2015).

Pembentukan satgas akan dilakukan mulai dari tingkat RT/RW dengan jumlah 5-10 orang/RT maupun RW.

“Satgas dibentuk untuk mencegah terjadinya kejahatan yang menimpa anak-anak dan perempuan. Tak hanya itu masalah sosial seperti kemiskinan dan kriminalitas juga menjadi salah satu prioritas. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera terealisasi,” ujarnya.

Rudy mengatakan akhir-akhir ini marak terjadi kekerasan seksual, pembunuhan anak-anak di bawah umur serta kekerasan dalam rumah tangga. Untuk itu butuh upaya pencegahan dari kemungkinan tindak kekerasan terhadap anak dan perempuan di level paling bawah yakni tingkat RT/ RW.

Kabag Pembangunan Setda Kota Magelang Taufiq Nur Bakin menambahkan roadshow Pj Walikota Magelang akan dilaksanakan di 17 Kelurahan dengan harapan dapat menyerap aspirasi serta menampung permasalahan yang di tiap wilayah kelurahan.

“Kita juga melibatkan sejumlah tokoh masyarakat, babinsa, babinkamtibmas serta pejabat terkait. Semua keluh kesah, saran, dan permasalahan yang dihadapi bisa disampaikan di kegiatan ini,” demikian Taufiq Nur Bakin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya