SOLOPOS.COM - Ilustrasi kekerasan terhadap anak (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Ilustrasi kekerasan terhadap anak (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Perlindungan anak menjadi salah satu prioritas Pemkab Wonosobo. Terkait dengan hal itu, Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mencanangkan gerakan Save The Children 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Kanalsemarang.com, WONOSOBO – Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mencanangkan gerakan Save The Children guna menanggulangi kekerasan terhadap anak.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo, Aina Liza di Wonosobo, seperti dikutip Antara, Rabu (6/5/2015), mengatakan melalui gerakan tersebut semua pihak berharap masa depan anak-anak Wonosobo akan lebih cerah, terhindar dari tindakan kekerasan dan beragam jenis pelecehan.

Ia mengatakan secara nasional pengguna narkoba sekitar 3,6 Juta, 41 persen di antaranya merupakan usia remaja antara 16 hingga 18 tahun. Perempuan di bawah umur yang belum menikah tetapi pernah melakukan hubungan seksual cukup tinggi, mencapai 42,3 persen.

Di Kabupaten Wonosobo, katanya angka perkawinan anak di bawah umur menunjukkan tren meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2012 terdapat 87 kasus, kemudian meningkat menjadi 146 kasus pada 2013 dan data pada 2014 mencapai 173 kasus.

Ia menegaskan kepada seganap jajaran tim penggerak PKK mulai dari kabupaten hingga desa untuk terus menjaga komitmen mencegah terjadinya kasus-kasus serupa agar tidak muncul lagi di masa mendatang.

“Kasus-kasus infeksi menular seksual (IMS) yang terjadi pada kalangan remaja di Kabupaten Wonosobo termasuk yang perlu diwaspadai bersama. Jumlah penderita IMS yang pada 2014 sebanyak 769 kasus, 13 di antaranya merupakan kasus pada kelompok umur 14-19 tahun,” katanya.

Bupati Wonosobo, Kholiq Arif yang ikut dalam penandatanganan pakta gerakan Save The Children bersamaan dengan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK itu mengatakan gerakan tersebut sangat penting dan krusial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya