SOLOPOS.COM - Karyawan Solopos Media Group (SMG) mengikuti kegiatan safety riding training dari Astra Motor Jateng, di Griya Solopos, Rabu (18/1/2023). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO—Bepergian dengan sepeda motor tentunya tidak asal tancap gas. Ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan. Terlebih, jika perjalanan yang akan ditempuh ini cukup jauh.

Instruktur Safaty Riding Astra Motor Semarang, Alfian Dian Pradana, mengatakan ada beberapa persiapan yang dilakukan sebelum berkendara.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Yang pertama adalah pemanasan tubuh. Artinya, pengendara harus melakukan peregangan-peregangan otot agar tidak kaku. Sebab dalam menempuh perjalanan jauh, harus dipastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaaan sehat, begitu pula dengan pikiran. Sehingga dalam perjalanan nanti akan terasa lebih nyaman.

Berikutnya adalah menyiapkan dan menggunakan kelengkapan berkendara. “Perlengkapan ini sebenarnya terlihat sepele, tetapi manfaatnya sangat besar bagi keselamatan pengendara,” ujarnya di Griya Solopos, Solo, Rabu (18/1/2023).

  • Helm

Gunakan helm sebagai pelindung kepala dan ikatkan dengan benar agar helm tidak terlepas saat terjatuh.

  • Pakaian

Gunakan jaket lengan panjang dan celana panjang sebagai pelindung tubuh dari kondisi cuaca dan kemungkinan cedera saat terjatuh.

Pilih jaket lengan panjang dan celana panjang yang sesuai ukuran dan nyaman digunakan. Ukuran yang terlalu besar bisa membuat perjalanan tidak nyaman. Sebaliknya demikian pula dengan pakaian yang terlalu sempit.

  • Sarung Tangan

Gunakan sarung tangan sebagai pelindung dari kondisi cuaca, kemungkinan cedera saat terjatuh, dan membuat genggaman tetap mantap/tidak licin saat berkendara.

Pilih sarung tangan yang sesuai ukuran dan nyaman digunakan.

  • Sepatu

Gunakan sepatu sebagai pelindung kaki. Dianjurkan menggunakan sepatu yang melindungi mata kaki.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya