SOLOPOS.COM - ITNY dan Unwiku Purwokerto jalin kerja sama. (Istimewa)

Solopos.com, YOGYAKARTA-Sebagai bagian dari upaya pengembangan jejaring kemitraan, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyepakati kerja sama kemitraan dengan Fakultas Teknik Universitas Wijaya Kusuma (Unwiku) Purwokerto. Hal ini untuk penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),

Penandatanganan komitmen kerja sama antara ITNY dan Unwiku dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan serta Dekan Fakultas Teknologi Industri ITNY dengan Dekan Fakultas Teknik Unwiku pada Rabu (20/7/2022) di Gedung Fakultas Teknik Unwiku, Kedungbanteng, Purwokerto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Unwiku, Iwan Rustendi, S.T., M.T., menyambut baik inisiasi kerja sama yang telah dilakukan oleh ITNY. Salah satu bentuk realisasi kemitraan antara ITNY dan Unwiku dapat dilakukan melalui kerja sama pemanfaatan dan pengembangan laboratorium.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Keren! Mahasiswa ITNY Raih Juara II Lomba Cipta Puisi Nasional

“Unwiku juga terbuka untuk merealisasikan kerja sama yang telah disepakati melalui kegiatan-kegiatan dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satunya adalah rencana pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat kolaborasi antara ITNY dan Unwiku di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah,” jelas Iwan dalam siaran pers yang diterima Solopos.com pada Kamis (21/7/2022).

kerja sama ITNY Unwiku
Pendaftaran ITNY melalui HP. (Istimewa)

Sementara delegasi ITNY yang dipimpin oleh Kepala Lembaga Pengembangan Kerja Sama (LPK) ITNY, Dr. Hita Pandita, S.T., M.T. menyampaikan bahwa saat ini kolaborasi antar perguruan tinggi swasta memiliki nilai yang sangat strategis. Ia berharap bahwa melalui kolaborasi ini perguruan tinggi swasta dapat berkembang bersama dalam rangka menjalankan tugas sebagai penyelenggara pendidikan tinggi.

Baca Juga: Mahasiswa ITNY Sabet Medali di Kejuaraan Silat Retno Dumilah II 2022

Hita menambahkan bahwa realisasi kerja sama antara ITNY dan Unwiku secara strategis dapat diwujudkan melalui implementasi kegiatan MBKM, khususnya pertukaran pelajar, serta kolaborasi penyelenggaraan seminar nasional dan internasional.

“Dalam hal ini ITNY telah memiliki praktik baik, khususnya melalui pelaksanaan pertukaran pelajar dengan mitra perguruan tinggi yakni Institut Teknologi Padang (ITP) dan Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, serta kolaborasi sebagai co-host dalam penyelenggaraan Seminar Nasional SINARINT 2022 yang diprakarsai oleh Institut Teknologi Padang,” jelas Hita.

Baca Juga: Ombak Besar Terbelah, Fenomena Rip Current di Pantai Selatan Jawa

Dalam penandatanganan perjanjian kerja sama ini, di samping melakukan ramah tamah, delegasi ITNY juga berkesempatan untuk melakukan kunjungan laboratorium pada tiga Program Studi yang ada di Fakultas Teknik Unwiku, yakni laboratorium Teknik Elektro, laboratorium Teknik Sipil, dan Studio Arsitektur pada Program Studi Arsitektur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya