SOLOPOS.COM - ilustrasu Masker. (Freepik.com) Masker adalah salah satu barang yang mendapat fasilitas pajak impor.

Solopos.com, KARANGANYAR — Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Tawangmangu akan menggelar operasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 di tempat makan, hotel, dan penginapan di kawasan wisata.

Kasus Naik Terus, Kapasitas Rumah Sakit Darurat Covid-19 Boyolali Ditambah

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Tawangmangu, Rusdiyanto, menuturkan hal itu saat berbincang dengan Solopos.com melalui sambungan telepon selular, Minggu (19/7/2020).

Salah satu pertimbangannya adalah kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar terus bertambah hingga Sabtu (18/7/2020). Data yang dihimpun Solopos.com dari akun instagram Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, total 98 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah itu, 51 orang masih dirawat, 43 orang sembuh, dan 4 orang meninggal.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tren penambahan [pasien terkonfirmasi positif Covid-19] meningkat. Makanya kami berupaya mencegah persebaran di kawasan wisata. Wilayah ini banyak dikunjungi masyarakat terutama saat akhir pekan. Intinya pengetatan protokol kesehatan, 3M. Utamanya memakai masker,” ujar dia.

Covid-19 Dunia: Waduh Biyung! Jumlah Kasus Indonesia Salip China

Salah satu cara yang dilakukan adalah Forkopimca Tawangmangu bersama ormas dan sukarelawan melakukan operasi masker di pertigaan Somokado pada Minggu (19/7/2020). Mereka tidak hanya menertibkan tetapi juga membagikan masker kain secara cuma-cuma.

“Kalau masker yang dibagikan sudah habis, ya kami minta balik kanan. Pengendara yang tidak mengenakan masker saat hendak naik ke Tawangmangu. Rata-rata kan pengunjung luar kota. Makanya kami waspada,” ujarnya.

Operasi Masker

Sementara operasi masker hanya dilakukan pada Minggu atau saat lalu lintas padat dan banyak pengunjung ke kawasan wisata. Rencana operasi masker akan dilakukan pada hari biasa sesuai situasi dan kondisi.

Update Kasus Covid-19 Indonesia 19 Juli: Positif Tambah 1.639, Sembuh Tambah 2.133

Selain melakukan operasi masker terhadap pengguna jalan, gugus tugas Tawangmangu juga akan mengecek penerapan protokol kesehatan di tempat makan, hotel, dan penginapan.

“Kalau hari biasa diperlukan operasi masker ya akan kami lakukan. Protokol kesehatan tidak hanya di jalan. Kami juga akan merazia hotel dan restoran. Kalau tidak menyiapkan sarana prasarana dan menerapkan protokol kesehatan ya kami beri peringatan,” ujar dia.

Peringatan akan diberikan secara bertahap. Dimulai dari memberikan teguran hingga melaporkan kepada dinas atau instansi terkait. “Kami imbau, peringatkan agar menerapkan protokol kesehatan. Kalau tidak segera ditindaklanjuti ya kami panggil. Terakhir kami laporkan kepada dinas atau instansi terkait. Itu bagi yang belum menerapkan. Intinya menaati dan menerapkan protokol kesehatan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya