Perkenalkan! Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Pilihan Biden
Antony Blinken Menlu Pilihan Presiden AS Joe Biden (share.america.gov)

Solopos.com, AMERIKA SERIKAT -- Antony Blinken menjadi pilihan Presiden Joe Biden untuk mengemban jabatan Menteri Luar Negeri. Ini memberikan kesempatan melanjutkan tradisi profesional dan keluarga.

Karena kariernya di layanan publik mengikuti jejak ayah dan pamannya yang menjabat duta besar Amerika Serikat (AS). Kemudian jika disetujui Senat, Blinken kembali berkarien di Departemen Luar Negeri tempatnya mengabdi selama pemerintahan Clinton dan Obama.

Saat menerima pencalonan menjadi menteri luar negeri AS ke-71 pada 24 November, Blinken menyampaikan pandangannya tentang peran AS di dunia. Padangannya didasari pengalaman anggota keluarganya yang melarikan diri ke Amerika Serikat.

Baca juga: Joe Biden Dilantik Pakai Alkitab Keluarga Berusia 127 Tahun

Di mana kakeknya, Maurice Blinken melarikan diri dari pogrom (pembantaian etnis tertentu) di Rusia sebelum berimigrasi ke Amerika Serikat. Ibu tirinya, Vera Blinken, melarikan diri dari negara komunis Hungaria dan kemudian membantu pengungsi lain datang ke Amerika.

Kemudian ayah sambungnya, Samuel Pisar, menderita selama empat tahun di kamp konsentrasi Nazi dan melarikan diri dari pawai kematian sebelum diselamatkan oleh pasukan AS.

“Bagi keluarga saya, juga bagi banyak generasi Amerika. Bisa dikatakan Amerika benar-benar menjadi harapan terbaik terakhir di bumi,” kata dia dikutip dari share.america.gov.

Baca juga: Satukan Meksiko dan Amerika, Tembok Jungkat Jungkit Menangkan Penghargaan Desain

Penasihat Keamanan

Lahir di Yonkers, New York, Blinken berasal dari keluarga pegawai publik dan diplomat. Ayahnya, Donald, bertugas di Angkatan Udara AS dan menjadi Duta Besar AS untuk Hungaria. Pamannya, Alan Blinken, bertugas sebagai Duta Besar AS untuk Belgia. Dia mengatakan bahwa memandu diplomasi Amerika akan menjadi “keistimewaan terbesar dalam kehidupan profesional saya.”

Lulusan Harvard University dan Columbia Law School, Blinken bergabung dengan Departemen Luar Negeri AS pada 1994. Dia kemudian mendapat posisi di Gedung Putih pada era pemerintahan Clinton dan menjadi staf Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS. Di mana dia bekerja sama dengan Biden, yang saat itu menjadi senator dari Delaware.

Setelah Obama terpilih pada 2008, Blinken menjabat sebagai penasihat keamanan nasional bagi Wakil Presiden Biden. Selanjutnya sebagai deputi utama penasihat keamanan nasional. Dia diangkat menjadi deputi menteri luar negeri pada 2015.

Baca juga: 3 Mantan Presiden AS Bermasker Hadiri Pelantikan Biden

Blinken mengatakan Amerika Serikat memiliki peran penting dalam menghimpun negara-negara lain untuk mengatasi tantangan global. Seperti perubahan iklim, proliferasi senjata, dan pandemi Covid-19.

“Kita harus bekerja sama dengan negara lain, karena perlu kemitraan mereka,” tegasnya.

 

Sumber: share.america.gov



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom