Perjalanan Syamsuri, Anak Buruh Tani Jadi Juara MTQ Internasional

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Syamsuri Firdaus, qari asal Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) mampu mengharumkan nama Bangsa Indonesia di kancah Internasional lewat prestasinya. Pria yang kini berstatus sebagai mahasiswa Universitas Indonesia (UI) itu mampu meraih gelar juara I Tilawah Alquran pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional ke-7 di Masjid Agung Camlica, Istanbul, Turki, Senin-Jumat (20-25/5/2019).

Di balik prestasinya yang membanggakan, qari asal Bima tersebut merupakan pria yang datang dari keluarga sederhana. Kantor Berita Antara melaporkan Syamsuri merupakan putra dari ayah yang merupakan buruh tani dan ibu yang merupakan kuli pembuat batu bata.

Syamsuri merupakan pria 20 tahun yang lahir pada 11 April 1999. Di akun Facebooknya, Facebook.com/syamsuri.firdaus, Syamsuri mengaku merupakan alumnus MAN 3 Bima yang kini menempuh studi di Jurusan Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia.

Melalui akun Facebooknya itu, Syamsuri juga mengunggah video yang menunjukkan dirinya melantunkan ayat Alquran di ajang MTQ Internasional ke-7. Dengan bangga, ia juga menyatakan rasa gembiranya lantaran bisa bertemu langsung dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Pada perlombaan tersebut, Erdogan memang menjadi pihak yang menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Foto Syamsuri pun juga diunggah di akun Instagram milik Erdogan, @rterdogan, Minggu (26/5/2019).

Syamsuri lantas tak lupa meluapkan kegirangannya lantaran Erdogan berkenan mengunggah foto Syamsuri di akun Instagram pribadinya. “Di akunnya Erdogan langsung. Allahu Robby Ridhoilah saya. Sesungguhnya Allah Subhaanahu wata’ala mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Qur’an ini dan merendahkan yang lain dengannya pula. hadis riwayat Muslim,” tulis Syamsuri di Facebook.

Terbaru, Syamsuri mengabarkan ia akan terbang kembali dari Turki ke Indonesia, Minggu (27/5/2019). Pria yang terkenal karena kisah inspiratifnya itu mengaku akan kembali ke Turki sebulan kemudian. Namun sayang, ia tak menjelaskan secara pasti tujuannya kembali ke Turki.


Berita Terkait

Berita Terkini

Skandal Aborsi Aktor Kim Seon Ho dan Kisah Babybox di Korea Selatan

Penggemar drama Korea Selatan sedang dihebohkan dengan skandal aktor Kim Seon Ho yang mendorong kekasihnya untuk aborsi.

Covid-19 Melandai, Penumpang KRL Jogja-Solo Capai 5.488 Orang Per Hari

Jumlah penumpang KRL Jogja-Solo mengalami peningkatan signifikan imbas dari penurunan kasus harian Covid-19 di Kota Jogja dan Solo.

Melihat Produksi Ikan Asap di Sidoarjo Jatim, Terapkan Zero Waste

Memanfaatkan sisa sampah perut ikan untuk pakan lele

Lorong Misterius di Bawah Kodim Banyuwangi, Semisterius Apa?

Kodim 0825 Banyuwangi dulunya adalah kediaman warga Belanda, lorong bawah tanah diduga tempat persembunyian,

Indonesia Kembali Terima Bantuan 1,2 Juta Dosis Vaksin

Pemerintah Indonesia kembali menerima bantuan jutaan dosis vaksin AstraZeneca. Vaksin ini merupakan bantuan dari negara sahabat.

Tangkarkan Benih Padi, Pria Asal Kajen Klaten Raup Omzet Rp1 M/Tahun

Dalam setahun, omzet yang diperoleh Suwono, 70, bisa mencapai Rp1 miliar dengan pendapatan bersih sekitar Rp500 juta.

Jembatan Kaca Bakal Dibangun di Gunung Bromo, Ini Fasilitasnya

Jembatan kaca sepanjang 120 meter dengan fasilitas pendukungnya akan dibangun di kawasan wisata Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim).

Awas Nabrak Lur! Ada Tiang Listrik di Tengah Jalan Depan TSTJ Solo

Warga berharap tiang listrik di tengah jalan depan objek TSTJ, Jebres, Solo, bisa digeser ke tepi jalan agar tidak membahayakan pengguna jalan.

Indonesia Superior di Piala Thomas

Indonesia baru saja meraih gelar Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan China di partai final, Minggu (17/10/2021). Itu merupakan gelar Piala Thomas ke-14 bagi Tim Merah Putih.

Wagub Jateng Dorong Adanya Wisata Halal di Tawangmangu, Ini Maksudnya

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, mendorong wisata halal di Tawangmangu untuk membidik wisatawan dari negara muslim.

Begini Saat Warga Bagikan Uang Koin Senilai Jutaan Rupiah di Madiun

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Waspada Jeratan Pinjol Ilegal! Ini Cara Menghindarinya

Untuk memberantas pinjol ilegal, OJK bareng BI, Polri, Kominfo, dan Kemenkop UKM telah melakukan pernyataan komitmen bersama pada tanggal 20 Agustus 2021.

Maling Kotak Infak di Masjid Ngawonggo Klaten Lolos dari Kejaran Warga

Sebelum menggondol kotak infak, maling berjenis kelamin pria itu sempat mondar-mandir di depan masjid.  

Breaking News! Api Melalap Hunian Warga di Klandungan Sragen

Sedikitnya tiga rumah warga Desa Klandungan, Kecamatan Ngrampal, Sragen dilalap api.

Penumpang KRL Jogja-Solo Meningkat, Minggu Paling Ramai

Tren kenaikan volume penumpang KRL pada Oktober juga dipengaruhi oleh semakin terkendalinya kasus Covid-19 di Yogyakarta dan Solo.