Perjalanan Syamsuri, Anak Buruh Tani Jadi Juara MTQ Internasional
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberikan ucapan selamat kepada Syamsuri Firdaus, qari asal Bima, NTB yang berhasil menjadi juara I Tilawah Alquran pada perhelatan MTQ Internasional ke-7 di Masjid Agung Camlica, Istanbul, Turki. (Instagram-@rterdogan)

Solopos.com, SOLO — Syamsuri Firdaus, qari asal Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) mampu mengharumkan nama Bangsa Indonesia di kancah Internasional lewat prestasinya. Pria yang kini berstatus sebagai mahasiswa Universitas Indonesia (UI) itu mampu meraih gelar juara I Tilawah Alquran pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional ke-7 di Masjid Agung Camlica, Istanbul, Turki, Senin-Jumat (20-25/5/2019).

Di balik prestasinya yang membanggakan, qari asal Bima tersebut merupakan pria yang datang dari keluarga sederhana. Kantor Berita Antara melaporkan Syamsuri merupakan putra dari ayah yang merupakan buruh tani dan ibu yang merupakan kuli pembuat batu bata.

Syamsuri merupakan pria 20 tahun yang lahir pada 11 April 1999. Di akun Facebooknya, Facebook.com/syamsuri.firdaus, Syamsuri mengaku merupakan alumnus MAN 3 Bima yang kini menempuh studi di Jurusan Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia.

Melalui akun Facebooknya itu, Syamsuri juga mengunggah video yang menunjukkan dirinya melantunkan ayat Alquran di ajang MTQ Internasional ke-7. Dengan bangga, ia juga menyatakan rasa gembiranya lantaran bisa bertemu langsung dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Pada perlombaan tersebut, Erdogan memang menjadi pihak yang menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Foto Syamsuri pun juga diunggah di akun Instagram milik Erdogan, @rterdogan, Minggu (26/5/2019).

Syamsuri lantas tak lupa meluapkan kegirangannya lantaran Erdogan berkenan mengunggah foto Syamsuri di akun Instagram pribadinya. "Di akunnya Erdogan langsung. Allahu Robby Ridhoilah saya. Sesungguhnya Allah Subhaanahu wata’ala mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Qur’an ini dan merendahkan yang lain dengannya pula. hadis riwayat Muslim," tulis Syamsuri di Facebook.

Terbaru, Syamsuri mengabarkan ia akan terbang kembali dari Turki ke Indonesia, Minggu (27/5/2019). Pria yang terkenal karena kisah inspiratifnya itu mengaku akan kembali ke Turki sebulan kemudian. Namun sayang, ia tak menjelaskan secara pasti tujuannya kembali ke Turki.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho