Bastian Schweinsteiger (Reuters-Mike Dinovo)

Solopos.com, SOLO - Bastian Schweinsteiger memutuskan pensiun dari profesi pesepak bola profesional. Pemain asal Jerman itu gantung sepatu setelah mengakhiri musim bersama klub Major League Soccer, Chicago Fire.

Schweinsteiger mengumumkan pensiun lewat akun Twitter pribadinya, @BSchweinsteiger, Selasa (8/10/2019) malam WIB. "Teruntuk fans, tiba juga saatnya, dan saya akan mengakhiri karier aktif saya di akhir musim ini," kicaunya.

Schweinsteiger mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola dalam usia 35 tahun. Dia mengawali karier pada 2001 silam bersama Bayern Munchen. Pemain yang akrab disapa Schweni itu tercatat cuma membela tiga klub yakni Bayern, Manchester United, dan Chicago Fire.

Schweinsteiger merupakan paket lengkap seorang gelandang. Dia bisa memainkan beberapa posisi di sektor tengah. Saat bermain di Bayern dia kerap dimainkan sebagai gelandang serang atau jangkar. Sementara di Timnas Jerman, dia juga sempat dimainkan sebagai gelandang sayap.

Namun, posisi asli Schweinsteiger adalah gelandang tengah. Di posisi itu, dia menjadi motor serangan tim lewat akurasi umpan-umpannya. Tak hanya itu, Schweinsteiger juga dikenal sebagai pemain yang memiliki tendangan geledek. Lewat tendangan kerasnya itu, dia sering mencetak gol dari luar kotak penalti.

Kemampuan mumpuni Schweinsteiger itu membuat kariernya gemilang. Rentetan trofi pun ia raih baik dari level klub maupun timnas. Trofi paling banyak ia dapat saat bermain untuk Bayern. Dikutip dari Bleacher Report, Schweinsteiger meraih delapan gelar juara Liga Jerman, 7 gelar DFB Pokal, dan sekali Liga Champions bersama Bayern.

Sementara dengan MU, Schweinsteiger cuma meraih satu trofi yakni Piala FA. Di level timnas, gelandang tangguh itu membawa Timnas Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 dan peringkat ketiga Piala Dunia 2006 dan 2010.

Karier Bastian Schweinsteiger (2001-2019):
Klub: 663 laga, 80 gol
Timnas: 121 laga, 24 gol


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten