SOLOPOS.COM - Penumpang menaiki KA Sriwedari di Stasiun Balapan, Solo, belum lama ini. KA yang menjadi pelengkap layanan KA Prameks itu mengundang keluhan karena sejumlah jadwal perjalanannya terganggu. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Penumpang menaiki KA Sriwedari di Stasiun Balapan, Solo, belum lama ini. KA yang menjadi pelengkap layanan KA Prameks itu mengundang keluhan karena sejumlah jadwal perjalanannya terganggu. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO — Penumpang kereta api (KA) komuter Prambanan Ekspress (Prameks) dan Sriwedari mengaku kecewa dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) lantaran pada Kamis (15/11/2012), seluruh perjalanan KA Sriwedari dibatalkan. Sementara, KA Prameks hanya jalan satu kali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

KA Sriwedari yang belum genap dua pekan beroperasi dinilai mulai tidak konsisten dengan agenda pembatalan jadwal perjalanan. Padahal, operasional KA Sriwedari sebagai pengganti perjalanan KA Prameks yang dikurangi banyak diandalkan para pelanggan Solo-Jogja dan sebaliknya.

Salah satu pelanggan asal Jogja, Winda, menyampaikan pada Kamis kemarin tepatnya saat libur Tahun Baru Hijriah berencana berlibur ke Solo dengan menggunakan KA Sriwedari dari Stasiun Lempuyangan pukul 08.30 WIB. “Tapi, setibanya di stasiun perjalanan kereta tersebut dibatalkan. Saya sendiri kurang tahu, apakah hanya perjalanan pukul 08.30 WIB saja yang dibatalkan atau semua perjalanan,” kata Winda, yang akhirnya harus berkendara sepeda motor ke Solo.

Sementara, dia pun tidak berharap banyak dengan perjalanan KA Prameks, karena jadwal perjalanan Prameks juga banyak yang dikurangi. Sementara, calon penumpang KA Prameks asal Solo, Diaz Arjun, menyampaikan hal senada. Dia merasa kecewa lantaran pada Kamis kemarin KA Prameks hanya jalan satu kali. “Rencananya mau naik yang di kisaran pukul 10.00 WIB, tapi adanya pukul 12.30 WIB. Banyak calon penumpang yang datang sejak pagi, tapi baru dapat siang itu,” kata Diaz.

Dia mempertanyakan, mengapa setelah kejadian kecelakaan KA Prameks beberapa waktu lalu jadwal perjalanan kereta tersebut terkesan sangat kacau. “Saya sebagai pelanggan merasa dirugikan. Dan semestinya, pembatalan diinformasikan paling tidak H-1. Lha ini mendadak, kami kan jadi kesulitan,” ujar dia.

Pejabat Humas PT KAI Daop VI Jogja, Sri Astuti, membenarkan bahwa seluruh jadwal perjalanan KA Sriwedari pada hari Kamis dibatalkan. Sementara, KA Prameks juga jalan satu kali. “Tapi, untuk hari ini [Jumat] kami jamin seluruh perjalanan sudah kembali normal. KA Sriwedari dan Prameks sudah jalan empat trip lagi,” kata Sri, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (16/11/2012).

Dia mengatakan dibatalkannya seluruh perjalanan KA Sriwedari dan sejumlah perjalanan KA Prameks pada Kamis kemarin disebabkan karena adanya perawatan kereta. “Untuk KA Sriwedari memang kemarin ada perawatan bulanan. KA Prameks juga demikian. Sekarang kami sudah tidak punya kereta cadangan, sehingga agenda perawatan untuk KA Prameks maupun Sriwedari harus dilakukan rutin,” kata Sri. Sementara, saat dilakukan perawatan juga tidak ada kereta pengganti.

Sri juga menyampaikan pembatalan perjalanan kedua kereta komuter itu sudah diumumkan beberapa hari sebelumnya. “Kalau pelanggan kecewa karena belum tahu, berarti pelanggan itu tidak baca pengumuman yang kami sampaikan,” katanya berkilah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya