SOLOPOS.COM - KA Prambanan Ekspress (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, JOGJA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 6 Yogyakarta resmi membatalkan perjalanan kereta api (KA) jarak jauh untuk mudik Lebaran hingga 31 mei 2020 di tengah pandemi corona.

Hanya KA Prambanan Ekspres (Prameks) dan KA angkutan barang yang beroperasi. PT KAI Daops 6 juga membatalkan sementara perjalanan KA Perintis Batara Kresna selama mudik Lebaran. Sedangkan Prameks hanya menyisakan delapan perjalanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kereta Api yang Masih Beroperasi Saat Covid-19 Tinggal 8, 142 Perjalanan Dibatalkan

Manajer Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengungkapkan PT KAI Daops 6 resmi memperpanjang pembatalan seluruh perjalanan KA jarak jauh arah barat (Jakarta/Bandung) maupun arah timur (Surabaya/Malang/Ketapang) untuk mudik Lebaran sampai 31 Mei 2020.

"Pembatalan sementara seluruh perjalanan KA jarak jauh ini dilakukan sebagai dukungan kebijakan larangan mudik dari pemerintah. Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19," kata dia, Selasa (28/4/2020).

PT Inka Madiun Pastikan Produksi Kereta Api Tak Terpengaruh Covid-19

Sebelumnya PT KAI menerapkan pola pembatalan sementara perjalanan KA sampai 30 April 2020. Setelah dilakukan evaluasi, PT KAI memperpanjang pembatalan sementara kereta jarak jauh sampai setelah masa mudik Lebaran yaitu 31 Mei 2020.

“Selain membatalkan perkalanan KA jarak jauh, kami juga melakukan pembatalan sementara KA Perintis Batara Kresna relasi Purwosari-Wonogiri [PP]," jelas dia.

Update Corona Dunia: Kasus Positif Tembus 3 Juta, AS Lampaui 1 Juta

Eko mengimbau masyarakat yang telah memiliki tiket perjalanan mudik untuk membatalkan perjalanan pada masa mudik Lebaran tersebut atau menjadwalkan ulang. PT KAI memberikan refund 100% untuk pembatalan tiket keberangkatan KA sampai dengan 4 Juni 2020.

Layani Prameks

PT KAI Daops 6 Yogyakarta untuk sementara waktu hanya melayani perjalanan KA Prameks dan KA Angkutan Barang. Saat ini hanya tersisa delapan perjalanan KA Prameks untuk mengakomodasi penumpang yang memang ada kepentingan mendesak.

KA Prameks yang masih beroperasi pada masa mudik Lebaran ini antara lain empat perjalanan KA relasi Yogyakarta-Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta Pukul 05.15 WIB, 08.20 WIB, 12.05 WIB, dan 15.55 WIB.

Sudah Zona Merah, Ganjar Minta Solo & Wonosobo Tiru Semarang

Selain itu, 4 perjalanan KA relasi Solo Balapan-Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan Pukul 06.35 WIB, 09.50 WIB, 14.20 WIB, dan 18.12 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya