SOLOPOS.COM - Ilustrasi genangan rob atau banjir air laut di Jl. Kaligawe, Kota Semarang. (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SEMARANG--Perjalanan sejumlah kereta api yang melintas di jalur utara, khususnya di wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah, masih dialihkan akibat rel tergenang air di beberapa lokasi.

Manajer Humas PT KAI Daops 4 Semarang Krisbiyantoro seperti dilansir Antaranews di Semarang, Minggu (7/2/2021), mengatakan rel yang masih tergenang banjir tersebut berada di jalur arah timur dari Semarang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Beberapa titik rel yang masih terendam banjir, kata dia, antara lain petak antara Stasiun Tawang hingga Stasiun Alastuwa di dua titik dengan ketinggian air sekitar 35 hingga 38 cm di atas rel. "Di wilayah Kaligawe masih tinggi, sehingga belum memungkinkan dilintasi kereta," katanya.

Baca Juga: Dana Desa Sragen Tetap Prioritaskan Penanggulangan Covid-19

Kereta yang dialihkan perjalanannya antara lain KA Argo Bromo Anggrek dan KA Dharmawangsa dari Surabaya yang dialihkan melalui Solo. Sementara itu untuk perjalanan KA ke arah barat dari Stasiun Poncol Semarang, kata dia, sudah normal.

Ia menambahkan kereta yang seharusnya diberangkatkan dari Stasiun Tawang, seperti KA Argo Muria tujuan Jakarta, keberangkatannya dialihkan sementara dari Stasiun Poncol.

"Semoga genangan air bisa segera surut agar perjalanan KA bisa kembali normal," katanya.

Baca Juga: PTKM di DIY Diperpanjang Sampai 23 Februari, Yuk Lebih Tertib!

Sudah Surut

Sementara itu, banjir masih menggenangi sejumlah wilayah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu, meski wilayah yang terdampak tidak seluas hari sebelumnya. Sekretatis BPBD Kota Semarang Winarsono mengatakan genangan banjir di beberapa lokasi di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah itu sudah surut.

Meski demikian, lanjut dia, masih terdapat beberapa daerah yang tergenang banjir, seperti Muktiharjo Lor, Gajahbirowo, Banjardowo, Semarang Indah, Citarum, Bundaran Bubakan, serta kawasan Kaligawe.

Ia menyebut ketinggian air untuk daerah yang masih tergenang itu antara 30 hingga 50 cm.  Beberapa lokasi yang sudah tidak lagi tergenang banjir, antara lain di kawasan Kota Lama Semarang.

Sementara itu, cuaca Kota Semarang pada Minggu siang masih diguyur hujan berintensitas ringan hingga sedang dengan durasi tidak terlalu lama. Sebelumnya hujan yang mengguyur Kota Semarang sejak Jumat (5/2/2021) hingga Sabtu (6/2/2021) mengakibatkan banjir melanda berbagai wilayah di 10 kecamatan di Ibu Kota Jawa Tengah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya