SOLOPOS.COM - Gerbang Tol Bawen-Salatiga (Sumber: Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Terkendalinya kasus Covid-19 membuat pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran pada tahun ini. Para perantau dari Jakarta yang hendak mudik ke Jawa Tengah pun bisa melewati jalan tol Trans Jawa.

Tak hanya memperbolehkan mudik lebaran 2022, pemerintah juga menyiapkan program mudik gratis dan juga sepeda motor pemudik bisa ikutan mudik gratis dengan tujuan Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu para pemudik juga bisa memilih transportasi umum atau kendaraan pribadi. Terutama pemudik yang dari Jakarta tujuan Solo bisa memanfaatkan tol Trans Jawa.

Baca juga: Mudik Lebaran Naik Bus Double Decker Jakarta-Solo, Ini Harga Tiketnya

Keberadaan jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya dengan melewati sejumlah kota di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur sangat membantu kelancara perjalanan.

Mulai dari Kota Cirebon, Jawa Barat, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Salatiga, Solo di Provinsi Jawa Tengah, kemudian Madiun, Ngawi, Kertosono, Surabaya, Jawa Timur.

Bagi pemudik yang ingin melakukan perjalanan dari Jakarta ke Solo menggunakan kendaraan pribadi, tidak ada salahnya mengetahui jarak jalan tol dari Jakarta ke Solo.

Tol Jakarta Solo
Jarak dan waktu tempuh Jakarta-Solo via jalan tol Trans Jawa. (Google.com)

Baca juga: Aturan One Way Ganjil Genap di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran 2022

Dikutip dari Google.com, melalui penelusuran map, ternyata jarak jalan tol Jakarta hingga Solo adalah 538 km. Untuk itu Anda yang hendak menggunakan mobil pribadi harus mempersiapkan kendaraan sebaik mungkin.

Untuk waktu tempuhnya dari Jakarta Solo via tol, apabila menggunakan kendaraan pribadi tanpa berhenti di rest area dengan kecepatan normal tanpa ada kemacetan atau ganggun, bisa sekitar 6 jam 36 menit.

Untuk biaya tolnya sesuai taris terbaru, Jakarta-Cikampek Rp20.000, Cikopo-Palimanan Rp119.000, Palimanan-Kanci Rp12.500, Kanci-Pejagan Rp29.500, Pejagan-Pemalang Rp60.000, Pemalang-Batang Rp45.000, Batang-Semarang Rp86.000,dan Semarang-Solo Rp66.500.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya