Perjalanan Hijrah Soraya Abdullah: Hampir Jadi Istri Tersangka Teroris & Masuk DPO Bom JW Marriot
Artis Soraya Abdullah. (Twitter)

Solopos.com, SOLO – Pesinetron ternama era 1990-an, Soraya Abdullah, meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19. Kabar duka ini disampaikan sahabatnya, Umi Pipik, melalui akun Instagram, Senin (1/2/2021).

Nama sang artis saat ini mungkin kurang familiar, bahkan telah meredup. Tetapi pada medio 200, sosoknya merupakan salah satu artis yang cukup terkenal.

Artis kelahiran Jakarta, 3 Agustus 1978 itu dikenal sebagai bintang sinetron Gerhana hingga Tersanjung. Namun, perlahan namanya meredup dan jauh dari pemberitaan.

Baca juga: Video Wilalung Ambrol Viral, Bukan Waduk Lalung Karanganyar Lur! Cek Faktanya

Hijrah

Soraya Abdullah seperti ditelan Bumi sebelum akhirnya memutuskan berhijrah dan kemudian mengubah penampilannya memakai cadar pada 2005. Dia menghilang seusai tragedi JW Marriot.

Kehidupan pemeran Medusa di serial Dewi Berambut Ular itu cukup menarik. Pada 2015 lalu dia dikabarkan telah menikah dengan pesinetron Indra Bruggman.

Sebelum menikah dengan Indra Brugman, Soraya pernah menikah dengan pria asal Bali, tapi usia pernikahannya hanya berlangsung 2,5 tahun. Rumah tangga Soraya berakhir di meja hijau. Keduanya memutuskan untuk bercerai.

Baca juga: Kos-Kosan di 3 Kecamatan di Karanganyar Ini Sering Dipakai Indehoi Pasangan Tak Resmi

Belajar Islam

Perceraian ini rupanya mengguncang kejiawaan Soraya. Dia akhirnya dibawa ke pesantren untuk menjalani terapi dan pemulihan kejiwaan. Selama 40 hari terapi di Pesantren Al-Ihya, di Ciomas, Bogor ini kondisinya mulai stabil. Sepulang dari pesantren, dia memutuskan untuk menutup aurat dan lebih tekun mempelajari Islam.

Setelahnya, Soraya kembali ke dunia hiburan dengan bermain di sinetron Hidayah dan Misteri Ilahi. Sayangnya karier Soraya di televisi tak berlanjut. Soraya Abdullah kembali menghilang lama, sebelum akhirnya muncul tampil di depan publik dengan cadar.

Baca juga: Nenek-Nenek di Sambungmacan Sragen Ditemukan Meninggal Membusuk di Rumah

Soraya Abdullah Masuk DPO

Di tengah pamornya yang naik turun, Soraya sempat dikaitkan dalam peristiwa J.W. Marriot. Ketika terjadi aksi bom di J.W. Marriot pada 2009, nama Soraya Abdullah disebut-sebut masuk dalam daftar pencarian oleh pihak berwajib. Pasalnya sebelumnya dia sempat akan menikah dengan Mohammad Jibril salah satu tersangka teroris

Hingga kini, belum diketahui apakah menghilangnya Soraya ada kaitannya dengan bom tersebut. Namun, Soraya dikatakan memiliki hubungan dekat dengan terpidana tindak pidana terorisme Mohamad Jibril.

Sumber di kalangan dekat keluarga Abu Jibril bahkan menyebutkan Soraya dan Mohamad Jibril sempat akan menikah. Hingga kini belum ada keterangan polisi soal menghilangnya Soraya.

Baca juga: Innalillahi... Artis Soraya Abdullah Meninggal Kena Covid-19

Riuhnya pemberitaan ini membuat Soraya mengklarifikasi. Melalui laman Arrahmah.com, Soraya, menyebut tudingan tersebut fitnah.

Soraya Abdullah mengakui bahwa dekat dengan Abu Jibril namun tak ada kaitannya dengan peristiwa J.W. Marriot. Soraya hanya mengikuti pengajian dari Abu Jibril yang berisi kajian yang sifatnya umum.

Soraya menjelaskan, perubahan penampilan dengan menggunakan cadar karena keinginan pribadi guna menjaga kehormatan wanita muslimah terlebih dalam keadaan pergaulan metropolitan yang semakin rusak.



Berita Terkini Lainnya








Kolom