Perjalanan Hidup Maimoen Zubair, Sang Penimba Ilmu

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Kabar duka datang dari ulama kondang Nahdlatul Ulama (NU), K.H. Maimoen Zubair, yang meninggal dunia pada usia 90 tahun, Selasa (6/8/2019). Ulama yang akrab disapa Mbah Moen tersebut wafat saat menunaikan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi.

Wikipedia.org menyebut Maimoen Zubair merupakan pria kelahiran Rembang, Jawa Tengah (Jateng), Hindia Belanda atau kini Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Ia kini meninggalkan 10 putra yang di antaranya adalah Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin.

Dikutip dari laman resmi milik Nahdlatul Ulama, Nu.or.id, Maimoen Zubair sangat menguasai fikih dan ushul fikih. Semasa muda, Maimoen Zubair merupakan sosok yang tak lelah dalam menimba ilmu agama.

Kedalaman ilmu dari orang tuanya menjadi basis pendidikan agama Maimoen Zubair yang kemudian meneruskan pendidikannya di Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo, Kediri, Jawa Timur (Jatim) di bawah bimbingan Kiai Abdul Karim. Selama di Lirboyo, ia juga menuntut ilmu dari Kiai Mahrus Ali dan Kiai Marzuki.

Maimoen juga memiliki beberapa guru lain di Tanah Air. Ia tercatat pernah menimba ilmu dari Kiai Baidhowi, Kiai Ma’shum Lasem, dan Kiai Bisri Musthofa di Rembang, Kiai Wahab Chasbullah dan Kiai Muslih Mranggen di Demak, Kiai Abdullah Abbas Buntet di Cirebon, serta Syekh Abul Fadhol Senori di Tuban.

Putra dari Zubair Dahlan tersebut mulai menimba ilmu di Makkah, Arab Saudi pada usia 21 tahun. Di Makkah, Maimoen didampingi kakeknya, Ahmad bin Syuaib.

Ada beberapa guru yang menjadi panutan Maimoen Zubair saat mencari ilmu di Makkah, yakni Sayyid Alawi bin Abbas al-Maliki, Syekh al-Imam Hasan al-Masysyath, Sayyid Amin al-Quthbi, Syekh Yasin Isa al-Fadani, dan Syekh Abdul Qodir al-Mandaly.

Selesai menimba ilmu, Maimoen Zubair kembali ke tanah kelahirannya di Sarang, Rembang untuk mengajar. Pada 1965, Maimoen fokus mengembangkan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Anwar Sarang. Ponpes tersebut kemudian menjadi rujukan para santri untuk belajar kitab kuning dan mempelajari turath secara komprehensif.

Selain sebagai pengajar, Maimoen kemudian terjun ke dunia politik. Ia pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Rembang selama tujuh tahun. Pria 10 anak itu juga pernah menjadi anggota MPR.

Di akhir perjalanan hidupnya, Maimoen Zubair menjabat sebagai Ketua Dewan Syuro Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Jabatan itu ia pangku hingga akhir hayatnya.

Kini, sosok Maimoen Zubair sebagai ulama dan politikus yang karismatik tinggal kenangan. Sang kiai membawa kabar duka saat menunaikan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. Maimoen Zubair dinyatakan meninggal dunia karena sakit.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Jelang PTM, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun Ikuti Vaksinasi

Selain sebagai persiapan PTM, vaksinasi ini juga penting karena sebagai salah satu syarat seseorang mendapatkan pelayanan umum dan pelayanan transportasi publik.

Eks Napi Terorisme Desak Pembubaran BNPT

Para eks Napiter NKRI itu meyebut program BNPT pemberdayaan para alumni napiter yang sudah bebas tidak jelas.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Rusak Gembok, Pasutri di Ponorogo Mencuri di Toko Dua Kali

Pasangan suami ini dua kali berturut-turut mencuri di sebuah Toko di Desa Brahu, Kecamatan Siman, Ponorogo.

500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha

500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha

Dukung Herd Immunity, PDIP Grobogan Gelar Vaksinasi Gratis

Kegiatan vaksinasi yang digagas DPC PDIP Grobogan dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan menyasar 1.000 warga.

KAI Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA sampai Sarjana

PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka rekrutmen pegawai untuk beberapa posisi seperti masinis sampai teknisi pemeliharaan.