SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelayanan perizinan (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Perizinan usaha di Jawa Tengah (Jateng) bakal semakin mudah menyusul diluncurkannya aplikasi SIAP Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah (Jateng) terus berupaya memberikan pelayanan yang mudah, murah, dan cepat, kepada para investor. Salah satu upaya itu ditunjukkan DPMPTSP Jateng dengan meluncurkan Sistem Informasi Aplikasi Perizinan (SIAP) Jateng.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Rencana SIAP Jateng akan diluncurkan pada acara Central Java Business Forum (CJBF) 2017 di Solo, 23 November 2017 [Kamis] oleh Gubernur Jawa Tengah [Ganjar Pranowo],” tulis Kepala DPMPTSP Jateng, Prasetyo Ariwibowo, dalam siaran pers kepada Semarangpos.com, Jumat (17/11/2017).

Prasetyo menyebutkan sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Jateng No. 18 Tahun 2017 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Jateng ada 166 perizinan yang menjadi kewenangan Pemprov Jateng. Dari jumlah itu, 14 perizinan di antaranya dilayani oleh pusat, sedang sisanya dilayani dengan menggunakan SIAP Jateng.

Prasetyo menambahkan pada tahap awal pengoperasian SIAP Jateng, pihaknya juga akan mengujicobakan pelayanan perizinan secara online pada 10 perizinan usaha. “Sisanya akan dilaksanakan secara bertahap. Kami berharapan akhir tahun 2018 seluruh perizinan bisa dilayani secara online,” bieber Prasetyo.

Dijelaskan, penentuan perizinan online dipertimbangkan berdasarkan pemetaan risiko, keabsahan dan banyaknya dokumen yang harus di-upload. Dengan adanya perizinan online, akan memudahkan masyarakat dalam mengajukan izin.

Selain mengembangkan perizinan online, DPMPTSP juga akan bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara RI untuk pengembangan digital signature (tanda tangan digital). Harapannya, dengan adanya DS, semua perizinan akan bisa dilakukan full online.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya