SOLOPOS.COM - Menara Kembar World Trade Center (WTC) di New York, AS diserang pada 11 September 2001. (Sites.google.com)

Solopos.com, SOLO — Peristiwa 20 tahun yang lalu, tragedi 11 September 2001 atau biasa ditulis 9/11 menjadi perhatian dunia hingga sekarang.

Tragedi satu ini hampir menewaskan hampir 3.000 jiwa dan diaktori oleh teroris Al-Qaeda di Amerika Serikat. Adapun target mereka adalah menara kembar World Trade Center (WTC), di Manhattan, New York, AS dan Pentagon di Washington DC.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Baca Juga:  9 Vaksin Covid-19 Sudah Dapat Izin Darurat dari Badan POM, Ini Daftarnya

Dikutip dari Detik.com, peristiwa 11 September 2001 atau 9/11 ini diawali dengan pembajakan maskapai penerbangan dan serangan bunuh diri.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebanyak 19 orang membajak empat pesawat komersial AS. Di mana pesawat ini akan menuju wilayah di pantai barat AS. Akibatnya, 2.977 orang terbunuh di New York City, Washington DC, dan di luar Shanksville, Pennsylvania. Serangan ini diatur Osama bin Laden pemimpin kelompok Al-Qaeda.

Baca Juga:  Misteri Jembatan Gantung Semanggi-Nusupan Sukoharjo, Katanya Ada Genderuwo Jahil

Bukan hanya itu, akibat peristiwa 11 September 2001 atau 9/11 ini, banyak petugas kepolisian dan pemadam kebakaran yang tewas. Mereka tewas ketika memasuki menara kembar WTC untuk menyelamatkan para korban.

Kronologi Peristiwa 11 September 2001 atau 9/11

Pada 11 September 2001, pukul 8.45 pagi setempat, pesawat American Airlinesjenis Boeing 767 menabrak menara utara World Trade Center di New York.

Tabrakan itu menyisakan lubang menganga dan terbakar di dekat lantai 80 dan membuat sejumlah warga Amerika Serikat terjebak.

Baca Juga:  Kuliner Enak Tersembunyi di Sukoharjo, Siap Lewati Alas dan Jalanan Gelap Gulita?

Ketika evakuasi dilakukan, tak lama kemudian, pesawat lain juga menghantam WTC hingga membelah menara selatan di dekat lantai 60.

Akibat dua tabrakan tersebut mengakibatkan ledakan besar dan membuat puing-puing berjatuhan.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19 Diprediksi Jadi Endemi, Apa yang Perlu Disiapkan Masyarakat?

Kemudian pada 09.45 pagi waktu setempat, pesawat American Airlines Flight 77 menabrak sisi barat marka besar militer Pentagon. Akibatnya, ada 125 pasukan militer dan warga sipil tewas.

Tak berhenti di situ, 15 menit kemudian, peristiwa mencekam 11 September 2001 kembali menyerak New York. Menara WTC bagian selatan dan utara ambruk sehingga menciptakan badai debu di area gedung.

Baca Juga:  5 Potret Cantik Margaret Vivi, Istri Konglomerat Solo dan Calon Mertua Boy William

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya