SOLOPOS.COM - Petenis China Li Na membawa Piala Daphne Akhurst Memorial sebagai Juara Australian Open 2014. JIBI/Reuters/Jason Reed

Solopos.com, SINGAPURA – Petenis tunggal putri asal China Li Na kembali mencatatkan sejarah akhir pekan lalu. Kesuksesannya itu disebut bakal menjadi pemicu kebangkitan tenis di Asia.

Li Na sudah sukses mencatatkan diri menjadi petenis putri Asia pertama yang menjuarai turnamen grandslam Australia Terbuka. Di babak final yang berlangsung di Rod Laver Arena, Sabtu (25/1/2014) lalu, dia memetik kemenangan atas Dominika Cibulkova.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Gelar itu melengkapi trofi juara Prancis Terbuka yang sukses diraihnya pada tahun 2011, hingga Li Na menjadi pemain tunggal putri asal Asia pertama yang berhasil menjadi kampiun grand slam.

Dua hari setelah Li Na memastikan diri juara di Melbourne, asosiasi petenis wanita dunia (WTA) seperti diberitakan detiksport, menunjuk Singapura menjadi tuan rumah WTA Championships mulai tahun ini hingga 2018 mendatang.

Peringkat Li Na pun terus merangsek naik, dari urutan ke 4 menjadi ke urutan 3. Serena Williams dan Victoria Azarenka masih belum tergoyahkan di peringkat satu dan dua WTA.

Duta sekaligus legenda WTA Championships Chris Evert menilai bahwa sukses Li Na itu merupakan contoh yang sangat bagus buat perkembangan tenis di ‘benua kuning’. “Tenis Asia akan menjadi hot spot untuk perkembangan tenis dunia karena ada 17 turnamen WTA,” ungkap Evert kepada pewarta termasuk detikSport yang hadir ke Art Science Museum atas undangan Singapore Tourism Board dalam acara peluncuran WTA Championships, Senin (27/1/2014).

 

Peringkat WTA per Senin (27/1) WIB

No.      Petenis                                      Negara

1.(1)     Serena Williams                Amerika Serikat

2. (2)    Victoria Azarenka            Belarusia

3. (4)    Li Na                                       China

4. (5)    Agnieszka Radwanska     Polandia

5. (3)    Maria Sharapova              Rusia

6. (6)    Petra Kvitová                      Republik Cheska

7. (7)    Sara Errani                          Italia

8. (8)    Jelena Jankovic                Serbia

9. (9)    Angelique Kerber             Jerman

10. (11)            Simona Halep       Rumania

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya