SOLOPOS.COM - Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy (kiri) dan Presiden Prancis, Francois Hollande, menandatangani kesepakatan kerja sama dalam KTT Prancis-Spanyol di Istana Elysee, Paris, Rabu (10/10/2012). (yahoonews)

Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy (kiri) dan Presiden Prancis, Francois Hollande, menandatangani kesepakatan kerja sama dalam KTT Prancis-Spanyol di Istana Elysee, Paris, Rabu (10/10/2012). (yahoonews)

MADRID – Pemerintah Spanyol semakin dilematis terkait apakah akan meminta bantuan dana talangan Eropa atau tidak, menyusul penurunan tingkat utang negara yang tengah kekurangan uang itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lembaga Standard & Poor (S&P) telah memangkas rangking tingkat utang Spanyol hingga dua tingkat menjadi berstatus “BBB” atau nyaris tidak berstandar investasi, pada Rabu (10/10) larut malam waktu setempat. Penurunan peringkat secara drastis ini semakin memojokkan Spanyol dan mempersulit pemerintah meminjam uang karena menakut-nakuti investor obligasi asing.

Melihat kondisi resesi ekonomi parah yang tengah menghajar Spanyol, lembaga penilai tingkat utang ini juga ragu, apakah langkah pemerintah untuk meminta bantuan akan mampu mendongkrak peringkat Spanyol.

Sebaliknya, seperti dilansir yeahoonews, lembaga rival S&P, Moody, menilai permintaan bantuan keuangan oleh pemerintah akan memangkas peringkat utangnya dan akan berpengaruh positif.

Sejauh ini belum ada komentar resmi dari Pemerintah Spanyol terkait peringkat terbaru ini.

Indeks saham utama Madrid, IBEX, pada nilai perdagangan Kamis (11/10/2012), mengalami penurunan 0,4 persen dibanding rekan-rekannya sesama negara Eropa. Namun imbal hasil obligasi jangka panjang 10 tahun negara ini tidak mengalami perubahan, yakni tepat berada di angka 5,8 persen, karena para investor masih mempertimbangkan kemungkinan negara ini akan memanfaatkan fasilitas baru dari Bank Sentral Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya