SOLOPOS.COM - Rangking Universitas Unggulan Dunia Times Higher Education (Times Higher Education)

Solopos.com, LONDON — Universitas-universitas unggulan di Asia semakin mendekati kompetitor di Inggris dan Amerika Serikat (AS) dalam daftar peringkat yang dikeluarkan oleh Majalah Times Higher Education, Rabu (2/10/2013). Daftar peringkat itu disusun dengan mengukur hampir semua hal, dari reputasi perguruan tinggi sampai dengan kemampuan pendanaan penelitian.

Peringkat universitas-universitas utama di Jepang, Korea Selatan, China, dan Singapura secara umum naik dalam daftar peringkat tahunan majalah asal Inggris tersebut. Menurut redaktur pemeringkatan Phil Baty, hal tersebut menunjukkan berlanjutnya perpindahan kekuatan dari Barat menuju Timur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Institusi pendidikan tinggi di Asia semakin mendesak universitas terbaik di Barat. Jumlah universitas Asia yang menempati 50 besar selalu naik setiap tahun dan tidak ada tanda-tanda penurunan,” kata Baty dalam pernyataan pers yang dikutip Kantor Berita Reuters.

Berdasarkan daftar universitas unggulan versi Times Higher Education itu peringkat atas universitas unggulan dunia masih didominasi oleh Amerika Serikat dan Inggris yang menguasai 13 besar. Lebih dari setengah 200 besar juga ditempati perguruan tinggi di kedua negara tersebut.

Sebanyak 31 universitas asal Inggris menempati 200 besar, dan 6 di antaranya berada di Kota London. Sementara Jepang dan Korea Selatan hanya mempunyai 5 dan 4 universitas di peringkat yang sama.

Di sisi lain, institusi pendidikan tinggi di negara Eropa lain peringkatnya terus menurun. Majalah Top Higher Education menjelaskan bahwa berkurangnya komitmen pemerintah Eropa pada pendidikan di tengah resesi ekonomi adalah penyebab utama. Selain Inggris, hanya Swedia, Denmark, dan Norwegia yang berhasil memperbaiki posisinya di tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya