SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

 

Jakarta [SPFM], Peringkat kemerdekaan pers Indonesia turun drastis dalam World Press Freedom Index 2012 yang dikeluarkan Reporters Without Borders . Indonesia saat ini berada di posisi 146, setelah tahun sebelumnya berada di posisi 117. Direktur LBH Pers Surabaya, Athoillah, kepada Vivanews.com mengatakan, turunnya posisi tersebut tak lepas dari banyaknya kekerasan, upaya menghalang-halangi kemerdekaan pers, dan kurangnya penegakan hukum yang berujung pada impunitas.  Belum tuntasnya berbagai kasus pembunuhan jurnalis juga ikut memperburuk citra.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain kekerasan fisik, LBH Pers memandang ancaman terhadap kemerdekaan pers sering muncul dari berbagai keputusan politik dan kebijakan Negara. Satu di antaranya adalah munculnya UU No 17 tahun 2011 tentang Intelijen Negara, yang melahirkan sejumlah ancaman bagi jaminan kebebasan sipil, perlindungan hak asasi manusia, dan kebebasan pers. [vivanews/dtp]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya