SOLOPOS.COM - Sejumlah penghafal Alquran tengah mengkhatamkan Alquran pada peringatan Nuzulul Quran di musala kompleks Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Sabtu (9/5/2020). (Istimewa/Dokumentasi Pemkab Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar menyelenggarakan pengajian virtual memperingati Nuzulul Quran pada Sabtu (9/5/2020).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar memiliki cara berbeda agar tetap bisa memperingati Nuzulul Quran pada Ramadan tahun ini. Apabila tahun lalu, Pemkab menyelenggarakan pengajian akbar di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sejumlah Perusahaan di Karanganyar Cicil THR Karyawan

Tahun ini, kegiatan itu tidak bisa dilaksanakan. Salah satu alasan adalah Indonesia sedang menghadapi bencana nonalam berupa wabah Covid-19. Oleh karena itu, Pemkab menyelenggarakan pengajian virtual memperingati hari turunnya Alquran. Kegiatan diawali dengan khotmil Alquran atau khatam Alquran.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Karanganyar, Agam Bintoro, menyampaikan Pemkab tetap menyelenggarakan kegiatan keagamaaan memperingati Nuzulul Quran saat wabah Covid-19. Kegiatan diselenggarakan pada tanggal 16 Ramadan atau Sabtu (9/5). Dimulai dari khatam Alquran oleh 30 orang penghafal Alquran di musala kompleks Rumah Dinas Bupati Karanganyar pada Sabtu selepas salat asar.

“Tanggal 16 Ramadan bakda salat asar dilaksanakan khotmil Alquran oleh 30 hafiz. Guna memperingati Nuzulul Quran Ramadan 1441 Hijriah. Pemkab melaksanakan khotmil Alquran. Sebanyak 30 hafiz itu kontribusi dari ormas Islam dan santri dari Kantor Kemenag. Itu satu rangkaian dengan peringatan Nuzulul Quran virtual,” kata Agam saat berbincang dengan Solopos.com melalui telepon, Rabu (13/5/2020).

Sejumlah penghafal Alquran tengah mengkhatamkan Alquran pada peringatan Nuzulul Quran di musala kompleks Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Sabtu (9/5/2020). (Istimewa/Dokumentasi Pemkab Karanganyar)
Sejumlah penghafal Al-Qur’an tengah mengkhatamkan Al-Qur’an pada peringatan Nuzulul Quran di musala kompleks Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Sabtu (9/5/2020). (Istimewa/Dokumentasi Pemkab Karanganyar)

Epidemiolog: PSBB Longgar Banget, Apa yang Mau Dilonggarkan Pak Jokowi?

Bukber dan Salat Magrib Berjemaah

Kegiatan khatam Al-Qur’an diakhiri dengan buka bersama para santri dan salat magrib. Peringatan Nuzulul Quran berupa pengajian virtual dilaksanakan selepas salat isya. Agam menjelaskan konsep acara mengaji bersama dengan tema Pokok Implementasi Quran sebagai Hudan Linas. Pemkab Karanganyar menghadirkan Ketua Umum Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Isy Karima (YSPII), Ustaz Syihabuddin.

“Peringatan Nuzulul Quran dilaksanakan secara virtual. Konsepnya mengaji bareng. Kegiatan ini mengakomodasi kerinduan umat Islam yang enggak bisa mengaji lewat tablig akbar dan sejenisnya. Acara diawali dengan pembacaan ayat Alquran, tausiyah, iftitah dari ustaz Syihabuddin. Beliau sekaligus menjadi moderator,” jelas dia.

Pengajian virtual dilaksanakan di 23 lokasi. Mereka menggunakan aplikasi video conference dan meeting, Zoom Meeting. Sebanyak 23 lokasi itu berada di 17 kecamatan, lima kantor ormas, yakni LDII, NU, MTA, dan Muhammadiyah.

Klaten Galuh United Tetap Berkomitmen Tampil di Liga 3 2020

“Ada lagi yang mengikuti dari Baznas, MUI, dan forkopimda ada di ruang Anturium kompleks Rumah Dinas Bupati Karanganyar. Ruangan tersebut sebagai pengendali. Pada kesempatan itu setiap ormas Islam mendapat kesempatan menyampaikan pesan kepada masyarakat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya