SOLOPOS.COM - Perwakilan Semen Gresik menyerahkan bantuan operasional kegiatan Hari Santri kepada asatidz dari Yayasan Nurul Huda yang berasal dari enam desa binaan SG di Rembang dan Blora. (Istimewa)

Solopos.com, REMBANG — PT Semen Gresik (PTSG) melalui program SG Sahabat Santri menggelar dua kegiatan sekaligus yaitu peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H dan Hari Santri tahun 2021 di Musala Barokatul Fallah Desa Timbrangan, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Selasa (19/10/2021).

Kegiatan tersebut diikuti 34 asatidz atau guru Taman Pendidikan Quran (TPQ) perwakilan dari enam desa binaan PTSG di wilayah Kabupaten Rembang dan Blora. Peringatan tahun ini diisi dengan istigasah atau doa bersama dan siraman rohani dari sesepuh yang mengusung tema santri yang menjaga kesucian hati, akhlak, dan tradisi luhur bangsa Indonesia, sesuai tema Hari Santri tahun 2021 yaitu Santri Siaga Jiwa Raga.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Kepala Unit Komunikasi dan CSR PTSG Dharma Sunyata mengungkapkan peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri adalah momentum untuk menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan dalam kehidupan keseharian, dan momentum mengobarkan spirit santri dan pesantren untuk tumbuh dan siap menghadapi perubahan zaman yang sangat cepat.

”Kami juga berharap melalui kegiatan ini, mampu memperkuat akhlak, meningkatkan ukhuwah serta toleransi antarumat beragama di Kabupaten Rembang yang maju dan damai,” kata Dharma dalam siaran persnya, Kamis (21/10/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Semen Gresik Torehkan Prestasi Gemilang di Indonesia BUMN Awards 2021

Ditambahkan Dharma, Bulan Rabiul Awal adalah tonggak sejarah bagi umat manusia, karena di bulan tersebut dilahirkannya sosok pemimpin hebat yaitu Nabi Muhammad SAW yang membebaskan umat manusia dari kebodohan dan memberikan cahaya bagi dunia.

Keberadaan santri yang setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri memiliki peran strategis. Selain menjadi arus utama dalam pendidikan nasional, kontribusi santri yaitu berpartisipasi membangun Indonesia ke depan dengan penuh rahmatan lil’alamin.

Protokol Kesehatan Ketat

Dharma menambahkan peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri kali ini tetap dalam koridor penerapan protokol kesehatan yang ketat dengan jumlah personel terbatas, menjaga jarak, dan wajib mengenakan masker.

“Peringatan tahun ini lebih sederhana, tapi tidak mengurangi kecintaan kita kepada Rasullulah SAW, ” tandasnya.

Baca juga: Semen Gresik Torehkan Prestasi Gemilang di Indonesia BUMN Awards 2021

Ditegaskan Dharma, agenda Maulid Nabi dan Peringatan Hari Santri 2021 merupakan bentuk komitmen dan kepedulian PTSG kepada lingkungan dan sosial kemasyarakatan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Selama ini, lanjut dia, PTSG memberikan perhatian khusus kepada santri melalui program Semen Gresik Sahabat Santri yang tujuannya menyiapkan generasi Qurani. Bentuk dukungan itu melalui pendirian TPQ dan penguatan kapasitas ustaz dan ustazah.

Sebagai informasi, PT Semen Gresik (SG) adalah salah satu anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG yang berdiri pada 10 Januari 2014. Memiliki pabrik yang berlokasi di Rembang, Jawa Tengah, SG menyediakan produk semen yang berkualitas tinggi yang dihasilkan dari proses produksi dengan teknologi mutakhir serta ramah lingkungan.

Baca juga: Semen Gresik Sabet Dua Penghargaan Predikat Gold dalam ISDA Award 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya