Tutup Iklan

Peringati Maulid Nabi & Hari Santri 2021, Semen Gresik Gelar Istigasah

Peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri adalah momentum untuk menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan dan momentum mengobarkan spirit santri dan pesantren.

 Perwakilan Semen Gresik menyerahkan bantuan operasional kegiatan Hari Santri kepada asatidz dari Yayasan Nurul Huda yang berasal dari enam desa binaan SG di Rembang dan Blora. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Perwakilan Semen Gresik menyerahkan bantuan operasional kegiatan Hari Santri kepada asatidz dari Yayasan Nurul Huda yang berasal dari enam desa binaan SG di Rembang dan Blora. (Istimewa)

Solopos.com, REMBANG — PT Semen Gresik (PTSG) melalui program SG Sahabat Santri menggelar dua kegiatan sekaligus yaitu peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H dan Hari Santri tahun 2021 di Musala Barokatul Fallah Desa Timbrangan, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Selasa (19/10/2021).

Kegiatan tersebut diikuti 34 asatidz atau guru Taman Pendidikan Quran (TPQ) perwakilan dari enam desa binaan PTSG di wilayah Kabupaten Rembang dan Blora. Peringatan tahun ini diisi dengan istigasah atau doa bersama dan siraman rohani dari sesepuh yang mengusung tema santri yang menjaga kesucian hati, akhlak, dan tradisi luhur bangsa Indonesia, sesuai tema Hari Santri tahun 2021 yaitu Santri Siaga Jiwa Raga.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR PTSG Dharma Sunyata mengungkapkan peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri adalah momentum untuk menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan dalam kehidupan keseharian, dan momentum mengobarkan spirit santri dan pesantren untuk tumbuh dan siap menghadapi perubahan zaman yang sangat cepat.

”Kami juga berharap melalui kegiatan ini, mampu memperkuat akhlak, meningkatkan ukhuwah serta toleransi antarumat beragama di Kabupaten Rembang yang maju dan damai,” kata Dharma dalam siaran persnya, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Semen Gresik Torehkan Prestasi Gemilang di Indonesia BUMN Awards 2021

Ditambahkan Dharma, Bulan Rabiul Awal adalah tonggak sejarah bagi umat manusia, karena di bulan tersebut dilahirkannya sosok pemimpin hebat yaitu Nabi Muhammad SAW yang membebaskan umat manusia dari kebodohan dan memberikan cahaya bagi dunia.

Keberadaan santri yang setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri memiliki peran strategis. Selain menjadi arus utama dalam pendidikan nasional, kontribusi santri yaitu berpartisipasi membangun Indonesia ke depan dengan penuh rahmatan lil’alamin.

Protokol Kesehatan Ketat

Dharma menambahkan peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri kali ini tetap dalam koridor penerapan protokol kesehatan yang ketat dengan jumlah personel terbatas, menjaga jarak, dan wajib mengenakan masker.

“Peringatan tahun ini lebih sederhana, tapi tidak mengurangi kecintaan kita kepada Rasullulah SAW, ” tandasnya.

Baca juga: Semen Gresik Torehkan Prestasi Gemilang di Indonesia BUMN Awards 2021

Ditegaskan Dharma, agenda Maulid Nabi dan Peringatan Hari Santri 2021 merupakan bentuk komitmen dan kepedulian PTSG kepada lingkungan dan sosial kemasyarakatan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Selama ini, lanjut dia, PTSG memberikan perhatian khusus kepada santri melalui program Semen Gresik Sahabat Santri yang tujuannya menyiapkan generasi Qurani. Bentuk dukungan itu melalui pendirian TPQ dan penguatan kapasitas ustaz dan ustazah.

Sebagai informasi, PT Semen Gresik (SG) adalah salah satu anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG yang berdiri pada 10 Januari 2014. Memiliki pabrik yang berlokasi di Rembang, Jawa Tengah, SG menyediakan produk semen yang berkualitas tinggi yang dihasilkan dari proses produksi dengan teknologi mutakhir serta ramah lingkungan.

Baca juga: Semen Gresik Sabet Dua Penghargaan Predikat Gold dalam ISDA Award 2021


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Dorong Electric Lifestyle, PLN Salurkan 60 Kompor Induksi di Mataram

PLN Terus mendorong realisasi elektric lifestyle di kalangan rumah tangga melalui penyaluran bantuan kompor Induksi di kampung PLN, kota Mataram.

Premium Store Kenangan Heritage, Kenalkan Konsep Baru Menikmati Kopi

Kopi Kenangan terus berkembang dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar akan alternatif makanan dan minuman berkualitas.

PT Angkasa Pura I Minta Keringanan Pajak kepada Pemkab Kulonprogo

PT Angkasa Pura I (Persero) meminta agar Pemkab Kulonprogo memberikan keringanan terkait dengan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

Tiga Dekade Yakult Membersamai dan Memberi Arti

Penjualan Yakult saat ini mencapai tujuh juta per hari. Jumlah itu terus meningkat di masa pandemi.

Ini Dampak Kebijakan Satu Peta bagi Investasi di Tanah Air

Data informasi geospasial yang akurat dapat dimanfaatkan dalam pembangunan, salah satunya dalam mendukung kepastian investasi.

Ini Hlo Cara Ikutan Lomba Foto Astra, Hadiahnya Enggak Main-Main!

PT Astra International Tbk menggelar Lomba Foto Astra dengan hadiah yang super menarik, ada smartwatch hingga sepeda motor.

Minyak Goreng dan Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi November 2021

BI akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

LPS Optimistis Ekonomi Indonesia Membaik pada 2022, Ini Indikatornya

Berbagai paket kebijakan yang dikeluarkan oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), terdiri dari Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, OJK, dan LPS telah menunjukkan hasil positif.

Kabar Gembira! Wings Air Buka Penerbangan ke Bali dari Adi Soemarmo

Penerbangan rute baru yang dibuka adalah dari Denpasar – Solo – Denpasar yang dilayani oleh Maskapai Wings Air mulai 26 November 2021.

Gulirkan Program Satu Juta Kompor Induksi, PLN Siapkan Diskon Khusus

PT PLN siap mengawal program pengalihan kompor berbasis energi import (LPG) ke kompor berbasis energi domestik (kompor listrik) atau yang lebih dikenal kompor induksi.

Buntut Temuan Toilet SPBU Berbayar, Ini Perintah Erick Thohir ke BUMN

Menteri Erick meminta pengawasan dan pemeliharaan dilakukan oleh perusahaan untuk menjamin fasilitas umum nyaman dan gratis bagi masyarakat.

Masih Ada Waktu, Pelaku Parekraf Ayo Buruan Daftar BPUP Rp1,8 juta

Pelaku parekraf yang bisa mendaftar BPUP ada 6 jenis usaha yaitu agen perjalanan wisata, biro perjalanan wisata, spa, hotel melati, homestay, dan penyediaan akomodasi lainnya.

Presidensi G20 Indonesia Siap Akselerasi Transisi Ekonomi Rendah Karbon

Salah satu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia yakni mendukung setiap negara termasuk negara berkembang untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim

Penerbangan Internasional ke Bali Tambah 7 Rute, Aturan Karantina Ketat

Penambahan penerbangan ke Pulau Dewata ini terkait pembukaan pariwisata Bali bagi turis asing yang sudah dibuka sejak 14 Oktober 2021.

Diklaim Lebih Hemat, Segini Harga Kompor Induksi di Market Place

PT PLN (Persero) mengaku siap untuk mengawal program pengalihan kompor berbahan bakar liquefied petroleum gas (LPG) menjadi kompor listrik atau induksi.