SOLOPOS.COM - Taman Pintar (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

Taman Pintar Jogja  menggelar Pesta Sains

Harianjogja.com, JOGJA — Memperingati HUT Kota Jogja ke-261 tahun, Taman Pintar menyelenggarakan Pesta Sains Jogja 2017. Kegiatan ini bertujuan mengomunikasikan sains dan mempopulerkan sains kepada masyarakat.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Baca Juga : TAMAN PINTAR JOGJA : Sambut Ajaran Baru dengan MPLS
Kepala Bidang Taman Pintar Yogyakarta, Afia Rosdiana mengatakaan Pesta Sains Jogja 2017 sejalan dengan visi Taman Pintar, sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi sains dalam suasana menyenangkan.

“Dan tentu saja sesuai dengan misi Taman Pintar untuk menumbuhkembangkan minat anak dan generasi muda terhadap sains dengan imajinasi, percobaan, dan permainan yang menyenangkan melalui penyediaan alat peraga pembelajaran yang berkualitas dalam rangka pengembangan sumber daya manusia di bidang sains dan teknologi,” terangnya seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com terima, Kamis (7/9/2017).

Rangkaian Pesta Sains 2017 disebutnya tidak hanya diadakan di Taman Pintar. Misalnya, Science Expo maupun Kontes Roket Air yang dijadwalkan pada Jumat (9/9/2017) di Stadion Kridosono.

Selain itu sebagian acara juga digelar di Kompleks Taman Pintar, seperti Traditional Food dan Scientech Festival diselenggarakan pada tanggal 8-10 September 2017, Pemutaran Film dan Pertunjukan Sains diselenggarakan pada 10-17 September 2017 bertempat Science Theater, Pameran Sains Tematik pada 12-17 September 2017 bertempat di Dome Area, Pameran Pendidikan diselenggarakan pada 12-16 September 2017, Peresmian Zona Jelajah Menara Eiffel diselenggarakan pada 11 September 2017.

“Kami juga mengadakan Seminar Nasional diselenggarakan pada Selasa (12/9/2017) bertempat di Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta. Kongres ASCI & Workshop “Creative Exhibits” diselenggarakan pada Rabu (13/7/2017) bertempat di Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta. Terakhir, Kontes Pertunjukan Sains diselenggarakan pada Kamis (14/9/2017) bertempat di Science Theater Taman Pintar Yogyakarta,” terangnya seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com terima pada Kamis (7/9/2017).

Sebagai puncak acara kegiatan Pesta Sains Jogja 2017 adalah Seminar Nasional dengan tema “Peran Science Center dalam Pengembangan Literasi Sains Masyarakat” pembicara utama Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia, M Nasir. Selain itu, turut hadir narasumber dari Programme Specialist Science Policy and Capacity Building UNESCO Regional Science Bureau for Asia and Pacific, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gajah Mada, Communication, Director Danone Indonesia, Ketua Assosiation Science Center Indonesia, dan Pemimpin Redaksi Tribun. Seminar ini mengusung tema, “Capacity Building : Optimalisasi Peran dan Nilai Stategis Science Center dalam Pengembangan Literasi Sains Masyarakat” dan “Komunikasi Sains : Strategi dan Tantangan”. Seminar akan dihadiri 200 peserta dari Bappeda, Balitbang, Perguruan Tinggi, dan Science Center dari seluruh Indonesia .

“Pesta Sains Jogja 2017 ini juga merupakan bentuk komitmen Taman Pintar untuk mengedukasi masyarakat semakin mencintai sains dan teknologi, dengan cara yang menarik, menyenangkan, dan interaktif. Kami juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan generasi muda adalah salah satu cara yang ditempuh guna mengoptimalkan peran Taman Pintar sebagai sarana literasi sains masyarakat,” tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya