SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, membuka kegiatan Pesta Gorengan di Kompleks Balai Kota Solo, Jumat (2/6/2023) sore hingga malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ratusan warga Solo memadati stan-stan gorengan di kompleks Balai Kota Solo, Jumat (2/6/2022) sore hingga malam. Kegiatan bertajuk Pesta Gorengan itu digelar dalam rangka merayakan Hari Waisak 2023 yang jatuh pada Minggu (4/6/2023).

Kegiatan itu digelar oleh Apical Group, salah satu pengolah minyak nabati terkemuka dan produsen minyak goreng sehat dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Solo. Puluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Solo terlibat acara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Acara diisi dengan pembagian gorengan secara gratis di stan-stan yang tersedia, pertunjukan musik dari sejumlah band lokal Solo, live cooking, edukasi minyak goreng sehat, serta pembagian dan penjualan minyak goreng MinyaKita yang diproduksi oleh Apical.

Pembukaan acara itu dilakukan oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, dihadiri Ketua Hipmi Solo, Respati Ardi dan Head Of Industry and Government Relations Apical, Manumpak Manurung. Pelepasan balon menjadi tanda dibukanya Pesta Gorengan Solo.

“Kegiatan kolaborasi seperti ini mesti sering dilakukan karena dapat memberdayakan pelaku UMKM, dalam rangka penguatan ekonomi domestik yang menjadi kunci dalam menahan laju inflasi terutama di Solo,” ungkap Wawali Solo, Teguh Prakosa. Kendati angka inflasi di Solo pasca-Lebaran diperkirakan tetap terkendali, kegiatan seperti operasi pasar maupun bazar mesti diperkuat untuk mengendalikannya.

Sedangkan Manumpak menekankan arah kegiatan untuk mendukung pelaku UMKM Solo. “Salah satu yang dapat mengendalikan laju inflasi dengan operasi pasar. Tapi yang hari ini kami selenggarakan adalah lebih dari sekadar operasi pasar, tapi kegiatan kolaborasi untuk mendukung UMKM serta pendistribusian 23.850 liter MinyakKita,” urai dia.

Harga minyak goreng untuk rakyat itu pun sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET). Manumpak berharap melalui kegiatan itu dapat menjaga suplai pasokan komoditas pangan, khususnya minyak goreng. Apalagi saat ini menjelang Hari Raya Idul Adha 2023.

Sementara Respati Ardi mengatakan Hipmi Solo berkomitmen mendukung UMKM yang merupakan kekuatan fondasi terbesar di Tanah Air, utamanya Solo. Dalam kegiatan Pesta Gorengan di Balai Kota Solo, pihaknya mengundang 10 pelaku UMKM di Kota Bengawan.

Mereka adalah para pelaku usaha gorengan yang telah bekerja selama bertahun-tahun. Selain mereka, Hipmi Solo mengundang 50 pelaku UMKM binaan dan paguyuban Solo untuk turut serta mengedukasi minyak goreng sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya