SOLOPOS.COM - Para anggota RDP mencuci lokomotif cadangan di Dipo Lokomotif Kertosono, Minggu (27/10/2019). (Istimewa-PT KAI Daop VII Madiun)

Solopos.com, NGANJUK -- Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Seperti yang dilakukan puluhan anggota Railfans Daop Pitoe (RDP) bersama pegawai PT KAI Daop VII Madiun.

Kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda tidak melulu hanya di lapangan dan menggelar upacara. Puluhan anggota railfans di wilayah Daop VII Madiun menyelenggarakan aksi sosial dengan mencuci lokomotif di Dipo Lokomotif Kertosono, Minggu (27/10/2019). Lokomotif bernomor CC 201 77 03 ini merupakan lokomotif cadangan yang biasanya digunakan saat ada salah satu KA yang mengalami gangguan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Manajer Humas Daop VII Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan aksi sosial ini melibatkan sekitar 30 anggota RDP perwakilan dari Madiun, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Blitar.

"Dalam kegiatan ini, teman-teman RDP ini sangat antusias untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Peringatan hari bersejarah ini dilakukan dengan mencuci lokomotif. Kegiatan ini menumbuhkan makna kebersamaan di mana ada semangat gotong royong," kata dia kepada Madiunpos.com, Senin (28/10/2019).

Selain untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, kegiatan ini juga sebagai ajang menjalin silaturahmi antara KAI Daop VII Madiun dengan pencinta KA yang tergabung dalam RDP.

"Sebagian besar anggota RDP ini kan anak-anak milenial. Mereka sekaligus juga bisa menjadi duta kereta api untuk menyampaikan keselamatan kereta api minimal di lingkungan sekolah atau organisasi yang diikutinya," jelas Ixfan.

Lebih lanjut, selam ini kegiatan RDP yaitu ikut berperan aktif melakulan sosialisasi keselamatan di pintu-pintu perlintasan secara langsung maupun melalui media sosial. Selain itu, mereka juga ikut dalam kegiatan Posko Angkutan Lebaran dan Angkutan Natal serta Tahun Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya