SOLOPOS.COM - Ilustrasi anjing (wordpress.com)

Madiunpos.com, PONOROGO — Persatuan Dokter Hewan Kabupaten Ponorogo bersama Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ponorogo menggelar pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin rabies terhadap hewan peliharaan. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Rabies Sedunia.

Pemberian vaksin rabies beserta cek kesehatan hewan ini diselenggarakan di Taman Kelonosewandono, Ponorogo, Sabtu (28/9/2019). Puluhan pemilik hewan peliharaan pun memanfaatkan kesempatan itu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Baca Juga:

Ekspedisi Mudik 2024

Pemkot Madiun Beri Ratusan Vaksin Rabies Gratis

16 Warga Sukoharjo Digigit Anjing, Awas Rabies! 

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perikanan Ponorogo, Siti Barokah, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi peredaran virus rabies. Pihaknya juga menyediakan sekitar 100 vaksin rabies untuk hewan peliharaan yang dibawa pemiliknya.

Sebelum divaksin, hewan peliharaan tersebut harus sehat. Untuk itu, pihaknya juga menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan hewan gratis.

“Wilayah Jawa Timur sendiri bebas virus rabies. Untuk itu, kami terus meningkatkan pencegahan melalui pemberian vaksin gratis kepada pemilik hewan peliharaan,” jelas dia yang dikutip dari siaran pers Pemkab Ponorogo, Senin (30/9/2019).

Barokah menuturkan saat pemeriksaan ada sejumlah hewan yang sakit. Hewan tersebut harus dirawat dahulu sebelum divaksin rabies. Vaksin efektif bekerja saat kondisi hewan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya