SOLOPOS.COM - Kegiatan Hari Pahlawan di SMA Santo Yosef, Sabtu (10/11/2012). (Nenden Sekar Arum/JIBI/SOLOPOS)

Kegiatan Hari Pahlawan di SMA Santo Yosef, Sabtu (10/11/2012). (Nenden Sekar Arum/JIBI/SOLOPOS)

SOLO — Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional 2012. Sebanyak 650 siswa dan 62 guru/karyawan  SMA Santo Yosef mengadakan upacara yang dilanjutkan dengan orasi dan pembacaan puisi. Kegiatan yang diikuti siswa-siswi kelas X, XI dan XII itu dilakukan dengan mengenakan pakaian gaya pejuang atau pahlawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pejabat Humas SMA Santo Yosef, FX Triyas Hadi Prihantoro, menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan di lapangan sekolah setempat itu bertujuan sebagai pembelajaran nyata dengan meniru gaya pejuang. Dengan itu diharapkan para peserta dapat menghayati dan mengamalkan bahwa perjuangan adalah sebuah pengorbanan tak hanya benda tapi juga nyawa. “Siswa jadi paham tentang pentingnya semangat persatuan dan pengorbanan di tengah keterpurukan mental dan karakter bangsa,” jelasnya, Sabtu (10/11/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Lebih lanjut dijelaskan dengan adanya pemahaman itu, semangat siswa dalam tenggang rasa, tepa selira, berani jujur, menentang kebohongan, serta merdeka tanpa korupsi dan terorisme dapat terpupuk. “Siswa jadi memiliki ikatan lahir dan batin yang kuat sehingga jauh dari tawuran, narkoba dan isu SARA,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, diadakan pula donor darah yang diikuti siswa, guru, karyawan dan alumni. Sementara itu pembelajaran di kelas tetap berlangsung setelah acara selesai dengan tetap berkostum pejuang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya