Peringati Hari Menanam Pohon, 25.000 Bibit Ditanam di Hutan Madiun

Hari Menanam Pohon diperingati warga Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), dengan menanam pohon di hutan yang kritis.

 Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, meninjau pelaksanaan penanaman bibit pohon di kawasan hutan di Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri, Madiun, Jumat (27/11/2021). (Istimewa/Pemkab Madiun)

SOLOPOS.COM - Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, meninjau pelaksanaan penanaman bibit pohon di kawasan hutan di Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri, Madiun, Jumat (27/11/2021). (Istimewa/Pemkab Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Warga sekitar hutan di Kabupaten Madiun menanam puluhan ribu bibit pohon di kawasan hutan yang kritis di Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri.

Kegiatan penanaman pohon ini untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang rutin diperingati setiap tanggal 28 November. Kegiatan penanaman bibit pohon di RPH Bulu BKPH Ngadirejo dilaksanakan mulai Jumat (26/11/2021).

Bibit pohon yang ditanam di lahan kritis di kawasan hutan Desa Ngadirejo ini sebanyak 25.000. Rencana bibit pohon ini bakal ditanam di lahan seluas 23,5 hektare di kawasan hutan tersebut. Penanaman dilakukan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Madiun bersama Lembaga Masyarakat pengelola Sumber Daya Hutan (LMPSDH).

Baca juga: Khofifah Bantu Petani Hutan Madiun Alat Ekonomi Produktif 

Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengatakan penghijauan kembali kawasan hutan yang kritis sangat penting dilakukan. Apalagi saat ini sedang musim penghujan. Diharapkan puluhan ribu bibit pohon yang ditanam itu bisa menjaga kelestarian alam di wilayah Madiun. Sehingga bisa terhindar dari berbagai bencana.

“Hutan berperan sangat penting. Karena sebagai penopang air. Resapan paling bagus adalah kawasan hutan seperti ini. Jika kita tidak merawat dengan baik, bencana akan datang menghantui,” kata bupati yang akrab disapa Kaji Mbing itu.

Baca juga: Marak Lahan Hutan Ditanami Porang, Bencana Banjir Intai Madiun

Dia mengapresiasi kegiatan penanaman pohon di kawasan hutan yang kondisinya telah kritis. Penghijauan kembali sangat penting karena kawasan hutang sudah seharusnya dijaga kelestariannya.Pemkab tidak hanya memikirkan wilayah hilir saja, tetapi juga memperhatikan wilayah hulu. Perbaikan hutan sedikit demi sedikit terus dilakukan. Agar generasi penerus bangsa bisa menikmati kelestarian hutan di Madiun.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Hujan Deras, 12 Desa di Pasuruan Dikepung Banjir

Sebanyak 12 desa yang berada di enam kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) dilanda banjir pada Selasa (18/1/2022).

Sama-Sama Sakti, Ini Perbedaan Rajah dengan Azimat atau Jimat

Meski sama-sama dianggap sakti, rajah dan azimat atau jimat memiliki sejumlah perbedaan yang tak diketahui banyak orang.

Banjir Lahar Dingin Semeru Terjang Sungai di Lumajang, Warga Waspada

Banjir lahar dingin Gunung Semeru menerjang sejumlah daerah aliran sungai di Lumajang. Tingginya curah hujan yang mengguyur Lumajang sejak siang menjadi faktor penyebab terjadinya banjir ini.

Resmi! Daging Anjing Dilarang Diperjualbelikan di Kota Malang

Wali Kota Malang, Sutiaji, resmi melarang perdagangan daging anjing di wilayahnya, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim).

Angin Kencang di Madiun, 1 Tower SUTET PLN Roboh, 56 Rumah Rusak

Satu tower SUTET milik PLN di Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), roboh akibat diterpa angin kencang yang terjadi pada Minggu (16/1/2022).

Jelajah Pasir Putih dan Pesona Mistis di Pantai Gondo Mayit Blitar

Objek wisata Pantai Gondo Mayit atau kadang disebut Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit di Kota Blitar, Jawa Timur, menyimpan sejumlah misteri, salah satunya soal keberadaan rajah.

Kota Malang Bakal Larang Perdagangan Daging Anjing, Pertama di Jatim

Kota Malang akan menjadi kota pertama di Jawa Timur (Jatim) yang melarang perdagangan daging anjing untuk dikonsumsi.

Waspada! Omicron Terdeteksi di Malang, Tiga Warga Terkonfirmasi

Sebanyak tiga warga Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron.

Gempa Bumi Magnitudo 4,1 Guncang Surabaya

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 terjadi di Bangkalan, Jawa Timur (Jatim), yang efeknya dirasakan warga Surabaya, Sabtu (15/1/2022).

Waspada Omicron, Pemkab Pasuruan Aktifkan Lagi Tempat Karantina

Pemkab Pasuruan sudah mulai mengantisipasi kemunculan kasus Omicron dengan menyiapkan ruang karantina.

Pancur Pitu, Destinasi Wisata Menarik di Lereng Gunung Pandan Madiun

Objek Wisata Pancur Pitu di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun menjadi wisata alternatif yang menarik dengan keindahan alam serta kolam air dengan tujuh pancurannya.

1 Kasus Omicron Ditemukan di Madiun: Seorang TKI Pulang dari Hong Kong

Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun mengungkapkan kasus pertama Covid-19 varian Omicron di wilayahnya.

Miris! Kafe di Banyuwangi Gelar Acara Striptis Gadis di Bawah Umur

Sebuah kafe di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), digerebek aparat kepolisian karena menggelar pertunjukan striptis yang diperankan perempuan di bawah umur.

Hujan Deras, Pos Kamling di Madiun Ambrol dan Hanyut ke Sungai

Hujan deras yang mengguyur Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim), Kamis (13/1/2022) sore, membuat sejumlah fasilitas warga rusak, salah satunya pos kamling.

Polisi Tetapkan Terduga Pelaku Tendang Sesajen di Semeru Jadi Tersangka

Polda Jatim menetapkan pria diduga menendang sesajen di Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jatim, HF, sebagai tersangka kasus penistaan agama.