Peringati Harganas, Bupati Boyolali: Masih Ada 4.065 Kasus Stunting

Bupati Said mengungkapkan berdasarkan data 2021, angka stunting di Boyolali berada di angka 8 persen atau ada 4.065 kasus stunting.

 Bupati Boyolali, Said Hidayat, memberikan sambutan dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional 2022 di Pendapa Gedhe Boyolali, Rabu (29/6/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah)

SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, Said Hidayat, memberikan sambutan dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional 2022 di Pendapa Gedhe Boyolali, Rabu (29/6/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten Boyolali menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional atau Harganas 2022 di Pendapa Gedhe Boyolali, Rabu (29/6/2022). Acara ini dihadiri oleh sejumlah jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), penyuluh Keluarga Berencana (KB), Forum Anak, dan instansi terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, mengungkapkan tema dari Hari Keluarga Nasional 2022 ini adalah Ayo Cegah Stunting agar Keluarga Bebas Stunting. Lebih lanjut, ia mengungkapkan Hari Keluarga Nasional ini dirayakan di seluruh kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Tengah.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Ini ada live dari Pak Gubernur Jawa Tengah yang berkeliling. Ini sedang di Temanggung kalau tidak salah,” ungkap dia. Lebih lanjut, Said mengungkapkan berdasarkan data 2021, angka stunting di Boyolali berada di angka 8 persen atau ada 4.065 kasus stunting.

“Kita patut bersyukur karena angka tersebut lebih rendah dari rendah dari target nasional yang 14 persen. Tapi jangan bersyukur karena masih delapan persen,” ungkap dia. Lebih lanjut, Said mengajak peran serta semua pihak untuk menurunkan angka stunting di Boyolali.  Untuk menurunkan angka stunting di Boyolali, Said mengatakan ada program orang tua asuh untuk anak-anak stunting.

Stunting mengutip laman kemkes.go.id, adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Untuk mencegah stunting perlu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih.

Baca juga: Turunkan Angka Stunting, Taman Sari Boyolali Gelar Festival Ceting

Sementara itu, Bupati Said sebelum memberikan sambutan sempat melepas konvoi penyuluh KB yang berkeliling Boyolali dengan 40 sepeda motor dan dua mobil.

“Maknanya penyuluh KB hadir untuk menangani stunting. Mari kita semua bergerak seperti roda sepeda motor yang mengeliling kota. Derap langkah yang bersama ini akan mempercepat penyelesaian masalah stunting,” kata dia.

Pada kesmepatan itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Boyolali, Ratri S. Survivalina, mengungkapkan dalam momen Hari Keluarga Nasional ini Boyolali menorehkan beberapa prestasi.

Baca juga: Cegah Stunting, Dinkes Boyolali Lauching Pil Ratri

“Boyolali sukses dengan program pengendalian penduduk, dihitung dengan TFR [Total Fertility Rate] secara nasional targetnya masih di angka 2,24 persen. Namun, di Boyolali TFR sudah dicapai sebesar 1,98 persen,” terang Ratri.

Peningkatan Kualitas Keluarga

Lebih lanjut, Ratri menjelaskan permasalahan yang dihadapi di dinas yang ia ampu tak hanya berkutat pada pengendalian penduduk. Ia mengatakan masih ada tugas untuk peningkatan kualitas keluarga.

Ratih juga mengatakan Kabupaten Boyolali masih menghadapi masalah stunting. Ia mengatakan stunting adalah ancaman untuk keberlangsungan satu bangsa.

Baca juga: Bakul Sapi Minta Penutupan Pasar Hewan Boyolali Tak Diperpanjang Lagi

“Kalau ini tidak ditangani secepat-cepatnya, ini nanti membutuhkan satu periode kehidupan manusia untuk mengulangi lagi perbaikan untuk generasinya. Sehingga penurunan stunting menjadi salah satu program yang harus dilaksanakan dinas kami melalui pendampingan keluarga,” kata dia.

Ia juga memaparkan beberapa prestasi dari Kabupaten Boyolali, pada 2021 Kabupaten Boyolali mendapatkan predikat Kabupaten Layak Anak kategori Madya, kemudian mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya kategori Pratama, Forum Anak Boyolali mendapatkan Dasi Award terbaik se-Jawa Tengah. Kemudian, pada 2022 Kabupaten Boyolali mendapatkan penghargaaan KB Aisyiyah terbaik ke-2 se-Jawa Tengah, dan Penyuluh KB yang bertugas di Kecamatan Cepogo menjadi juara I teladan tingkat Jawa Tengah.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      The Alien Buka Konser Dream Theater Buka Konser di Stadion Manahan Solo

      Dream Theater membuka konser di area parkir Stadion Manahan Solo pada Rabu (10/8/2022) pukul 20.00 WIB dengan lagu berjudul The Alien.

      Ini Kisah Unik Joko Tingkir dan Perahu Peninggalannya di Sragen

      Makam Joko Tingkir menjadi salah satu tempat di Sragen yang banyak dikunjungi peziarah. Peninggalannya yang berupa bongkahan kayu bekas perahunya pun masih menjadi daya tarik pengunjung untuk datang.

      5 Desa Ini akan Dilintasi Pipa Transmisi Bendungan Pidekso Wonogiri

      Proyek pembangunan intake dan pipa transmisi air baku Bendungan Pidekso Wonogiri sudah dalam tahap pengerjaan fisik.

      Kreatif! Warga Ampel Boyolali Bikin Tulisan Penyemangat di Pagar

      Saat memasang umbul-umbul sudah sangat mainstream, warga RT 01/RW 07, Dusun Tumpak, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali punya cara lain untuk menghiasi lingkungan mereka di momentum HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini.

      Hasil Tangkapan Ikan di WGM Wonogiri Terus Menurun, Nelayan: Tak Lazim!

      Hingga pekan kedua Agustus 2022, ikan hasil tangkapan nelayan di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri masih minim.

      Lomba Lari Sangirun 2022 Bakal Beda dan Lebih Menarik, Catat Jadwalnya

      Kemendikbudristek menjanjikan ada yang beda pada lomba lari Sangirun 2022 ini. Selain itu jumlah pesertanya ditambah lebih dari dua kali lipat.

      Mentan Datang Lagi ke Gondangrejo Karanganyar

      Mentan Syahrul Yasin Limpo kembali mendatangi Desa Sejosari, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar untuk mengecek persiapan acara penanaman kelapa gajah besok Kamis (11/8/2022). Rencananya acara itu dihadiri Presiden Jokowi meski belum bisa dipastikan.

      Viaduk Gilingan Solo Diperbaiki, Warga Curhat Pusingnya Cari Jalan

      Rencana perbaikan viaduk Gilingan di Jl Ahmad Yani, Banjarsari, Solo, yang berdampak pada penutupan jalan membuat warga pusing mencari jalan alternatif.

      Ambrol Maret 2022, Jembatan Kadirejo Klaten Mulai Diperbaiki

      Jembatan Kadirejo, Kecamatan Karanganom, Klaten akhirnya mulai dibangun. Pembangunan ditargetkan rampung pada Desember 2022.

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo Solo Rp400 Miliar, Apa Saja yang Kena?

      Anggaran pembebasan lahan untuk penataan kawasan dan underpass di Simpang Joglo, Solo, disiapkan senilai Rp400 miliar.

      Naga Baruklinting, Seni Rupa, dan Pelestarian Lingkungan

      Seni dan budaya—lebih khusus lagi pameran seni rupa—bisa diberdayakan untuk menggugah kembali kesadaran menjaga lingkungan demi kesinambungan kehidupan.

      2 Website Resmi Pemkab Boyolali Diretas, Ada Gambar Wanitanya

      Sejumlah situs atau website resmi Pemkab Boyolali diretas oleh pihak tak dikenal.

      Penonton Masuk Gate Konser Dream Theater di Solo, Begini Keramaiannya

      Para penonton antre dengan rapi memasuki area konser Dream Theater saat open gate di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022).

      Waspada, Sudah 7 Kasus Kebakaran Terjadi di Sragen dalam 10 Hari

      Warga Sragen diimbau waspada bahaya kebakaran yang potensi nya cenderung meningkat saat kemarau tiba.

      Konser Dream Theater di Solo Pakai Listrik dari PLN, Lebih Murah Lho

      Konser Dream Theater di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022), mendapat dukungan listrik andal dari PT PLN, bukan genset.

      Kasus Bong Mojo Solo Ternyata Sudah Penyidikan, Polisi Periksa 5 Saksi

      Kasus jual beli lahan makam Bong Mojo yang dilaporkan oleh Pemkot Solo ternyata sudah memasuki tahap penyidikan dan polisi sudah memeriksa lima orang saksi.