SOLOPOS.COM - Salah satu seri International Webinar Series yang diselenggarakan dalam rangka dies natalis ke-65 UKSW. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Dua belas akademisi, praktisi, serta peneliti secara bergantian membedah dan mengkritisi persoalan pembangunan di Indonesia khususnya dalam kondisi pandemi Covid-19.

Kegiatan yang masih menjadi bagian dari peringatan Dies Natalis ke 65 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) ini terangkum dalam international webinar series yang dimulai sejak 4 November 2021 lalu hingga 11 Desember 2021 mendatang.

Koordinator acara Dr. Henry Sandee menuturkan para narasumber ahli yang dipilih berasal dari dalam dan luar negeri. Dari dalam negeri dihadirkan para pembicara yang merupakan peneliti dari SMERU Research Institute and Policy Adviser, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), serta dosen pada Fakultas Interdisiplin UKSW.

Baca Juga: Dies Natalis ke-65, UKSW Siap Antisipasi Tantangan Zaman

Adapun peneliti dari berbagai universitas terkemuka di dunia seperti Australia, Belanda, Inggris, dan Perancis juga turut mengisi acara international webinar series. Disebutkan Dr. Henry Sandee, mereka adalah Dr. Sudarno Sumarto, Dr. Adrian Budiman, Dr. Titi Susilowati, Dr. Aldi Herindra Lasso, Dr. Rebecca Meckelburg, serta Profesor Syarif Hidayat.

Lainnya yakni Dr. Charanpal Bal, Dr. Melissa Johnston, Profesor Emeritus Hal Hill, Profesor Anne Booth, Profesor Heidi Dahles, Profesor Juliette Koning, serta Profesor François Sémah.

“Selain ahli dalam bidang pembangunan, para pembicara dipilih karena mereka juga memiliki keterikatan dengan UKSW. Beberapa di antaranya pernah menjadi dosen tamu, melakukan kolaborasi riset, hingga menjadi pembimbing mahasiswa program doktoral UKSW. Hingga saat ini hubungan baik terus terjalin hingga mereka bersedia berbagi wawasan dengan civitas akademika,” terang Henry.

Baca Juga: Teliti Kartu Tani Antar Dani Harun Raih Gelar Doktor

Disinggung mengenai tema besar yakni mengenai pembangunan yang diusung dalam rangkaian webinar ini, Henry menyebut bahwa pihaknya ingin civitas akademika dapat melihat dan berbagi ide serta kontribusi masing-masing bidang ilmu bagi pembangunan Indonesia. Pembangunan di Indonesia akan dibedah dari sudut ekonomi, sosiologi, antropologi dan lain-lain.

dies natalis UKSW
Salah satu seri International Webinar Series yang diselenggarakan dalam rangka dies natalis ke-65 UKSW. (Istimewa)

Dikatakan Dr. Henry yang merupakan tenaga pendidik di Fakultas Interdisiplin UKSW ini bahwa masih ada dua webinar tersisa pada Jumat (10/12/2021) dan Sabtu (11/12/2021). Pada Jumat akan hadir Dr. Melissa Johnston yang merupakan dosen Political Science dari Universitas Melbourne.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Melissa akan berbagi pengetahuan mengenai sejarah, teori dan isu seputar gender, pembangunan hingga kekerasan terhadap perempuan.

Baca Juga: Dubes Indonesia untuk Vatikan Bagikan Pengalaman di Dies Natalis FH UKSW

Sedangkan Sabtu (11/12/2021) akan hadir Profesor François Sémah yang merupakan Professor of Prehistory dari Muséum national d’Histoire naturelle, Perancis.

“Professor François Sémah akan mengajak kita membahas mengenai penelitian prasejarah dan studi interdisipliner. Dua webinar ini terbuka bagi siapapun yang ingin berpartisipasi. Link zoom meeting dapat diperoleh pada postingan akun instagram @uksw_salatiga atau website www.uksw.edu,” jelasnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya