SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

BANTUL– Menyambut peringatan malam satu Suro (tahun baru dalam kalender Jawa) yang jatuh pada Rabu (14/11) malam, sebanyak 80 personil SAR disiagakan untuk mengawal keamanan di empat pantai di wilayah Bantul.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Menurut Sekretaris Tim Sar Pantai Parangtritis Taufik M Faqi, empat pantai tersebut adalah Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, Pantai Samas, serta Pantai Baru. “Khusus untuk Pantai Parangtritis dan Depok, diterjunkan 56 personil SAR,” kata Taufiq, Senin (12/11).

Adapun 24 personil SAR lainnya disiagakan untuk pengamanan di sepanjang Pantai Samas, Kecamatan Sanden, hingga Pantai Baru di Kecamatan Srandakan. Selain personil SAR, pengamanan malam satu Suro juga dibantu sejumlah anggota dari kesatuan lain.

Salah satunya dari Protari Adventure Club yang akan menurunkan sejumlah mobil dobel gardan untuk mempermudah pelaksanaan patroli di sepanjang bibir pantai. “Mobil itu juga bakal lebih mempercepat proses evakuasi seandainya terjadi laka laut,” terang Taufiq.

Adapun dari unsur kepolisian, jajaran Satlantas Polres Bantul dan Polair Polda DIY juga turut dilibatkan dalam peringatan malam satu Suro di sepanjang pantai di Bantul. Sementara Satlantas bertugas mengurai kepadatan arus lalu lintas, anggota Polair turut berjaga bersama anggota SAR.

Meski bakal terjadi lonjakan pengunjung di obyek wisata pantai saat malam satu Suro, Kasat Lantas Polres Bantul AKP Setyo Heri Purnomo mengatakan arus lalu lintas diprediksi tetap lancar. “Tentu anggota kami akan bersiaga di sejumlah titik yang rawan terjadi penumpukan,” jelasnya.

Sementara itu, Komandan SAR Parangtritis Ali Joko Susanto mengimbau kepada warga yang hendak melaksanakan prosesi labuhan untuk segera berkoordinasi dengan SAR. “Palung yang tersebar di tepi pantai patut diwaspadai. Maka itu, labuhan harus didampingi personil SAR,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya