SOLOPOS.COM - Ilustrasi wabah virus corona (Covid-19). (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Badan Kesehatan Dunia atau WHO memperingatkan kemungkinan virus corona tidak akan pernah hilang. Dengan demikian manusia harus belajar bertahan hidup di tengah ancaman Covid-19.

Dikutip dari Channel News Asia, Kamis (14/5/2020), WHO menyatakan virus corona mungkin tidak akan pernah hilaang seluruhnya dari muka Bumi. Hal itu disampaikan Direktur Kedaruratan WHO, Michael Ryan.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

“Virus ini mungkin menjadi virus endemi lainnya di dalam maasyarakat. Dan virus ini mungkin tidak akan pernah hilang,” terangnya.

Michael Ryan mencontohkan jenis virus lain yang juga tidak hilang dari Bumi, yakni HIV. Namun, manusia telah menerima dan siap menghadapi virus tersebut.

“HIV juga belum hilang. Tapi kita telah menerima dan menghadapi virus itu,” sambung Michael Ryan yang merupakan pakar epidemologi Irlandia.

Jokowi Ajak Masyarakat Belanja di Toko Kelontong: Selamatkan Tetangga

Dia bahkan tidak yakin dengan prediksi yang menyatakan penyakit Covid-19 akibat virus corona akan hilang dalam kurun waktu tertentu. Apalagi sampai saat ini belum ada vaksin yang ditemukan untuk mengatasi virus corona.

Michael Ryan menambahkan masih ada jalan panjang agar dunia bisa kembali normal setelah digerus pandemi Covid-19. Pernyataan WHO tentang virus corona tidak akan hilaang muncul lantaran beberapa negara mulai meloonggarkan pembatasan wilayah.

Bahkan ada sejumlah pemimpin negara  yang berniat membuka kembali jalur ekonomi. Menanggapi hal itu, Dirjend WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengingatkan kemungkinan infeksi gelombang kedua.

Lengkap! Ini Daftar Zonasi PPDB SMPN di Kota Solo 2020/2021

“Semua ada di tangan kita. Virus corona menjadi masalah semua orang dan kita harus berkontribusi untuk menghentikan pandemi ini,” tegasnya.

WHO menambahkan tidak ada jaminan melonggarkan pembatasan wilayah tidak memicu datangnya gelombang kedua.

“Banyak negara ingin keluar dengan langkah-langkah berbeda. Tapi rekomendasi kami aadalah tetap kewaspadaan setiap negara harus berada di level setinggi mungkin,” tandasnya.

Makin Ngehits, Ini Bayaran Mbah Minto Sekali Ngevlog 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya