SOLOPOS.COM - Ilustrasi sanksi KPI (Kpi.go.id)

Peringatan KPI ditujukan kepada beberapa tayangan Ramadan di televisi.

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) masih menemukan sejumlah pelanggaran dalam tayangan acara bertema Ramadan di beberapa stasiun televisi. Pelanggaran ini tidak seharusnya ada di tengah harapan publik mendapatkan tontonan acara-acara Ramadan yang bermartabat dan ramah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wakil Ketua KPI Pusat Idy Muzayyad mengatakan program yang ditemukan memiliki potensi tinggi pelanggaran paling banyak terdapat di acara variety show komedi. Padahal, menurut Idy pihaknya sudah lama mengingatkan akan risiko terjadinya pelanggaran dalam acara seperti ini.

“Kami sudah melakukan berbagai cara agar terciptanya siaran Ramadan bermartabat dan ramah. Sudah sejak empat bulan lalu kami mengumpulkan semua pihak untuk bahas persiapan proses di hulu penyusunan program ramadhan mana yang tidak boleh dan boleh ditayangkan dalam siaran Ramadan,” jelas Idy di depan peserta dan wartawan yang hadir dalam acara evaluasi 15 hari tayangan Ramadhan di kantor MUI Pusat, Kamis (23/6/2016).

Memang hanya beberapa stasiun televisi saja yang masih menyiarkan program acara Ramadan dengan konsep variety show komedi. Stasiun televisi lainnya sudah banyak yang beranjak dengan program-program yang lebih bagus seperti ceramah talkhow, audisi, hingga feature bertema Ramadhan.

“Penemuan pelanggaran dalam acara variety show komedi ramadhan ini selaras dengan temuan MUI,” kata Idy seperti dilansir situs Kpi.go.id.

Meskipun begitu, lanjut Idy, dari pengaduan yang masuk ke KPI Pusat pada Ramadan tahun ini mengalami penurunan ketimbang pengaduan masyarakat pada Ramadan tahun-tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan itu, Lily juga menyebutkan program-program yang mendapatkan peringatan dan teguran KPI pada bulan Ramadan ini. Ada tiga program bertema Ramadan yang mendapatkan peringatan KPI Pusat yakni Pesbukers Ramadhan di ANTV, Mejelis Sakinah di I-News TV, dan OVJ Sahur Lagi di Trans 7.

Kemudian, lanjut Lily, ada lima program acara yang mendapatkan teguran KPI yakni Obsesi Global TV, Insert Update Trans TV, Insert Siang Trans TV, CCTV Trans 7, dan Apa Kabar Indonesia Malam TV One.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya