SOLOPOS.COM - Cabup Jaka Sumanta (kiri) memberangkatkan rombongan jalan sehat RW 016 Tegalsari, Sragen Kulon, Sragen, Minggu (16/8/2015). (JIBI/Solopos/Tri Rahayu)

Peringatan kemerdekaan RI tampaknya dimanfaatkan oleh para kandidat yang akan berlaga di Pilkada memperkenalkan diri ke publik.

Solopos.com, SRAGEN—Empat pasangan calon memanfaatkan kegiatan jalan sehat di lingkungan RW 016 Tegalsari, Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, untuk bersosialisasi, Minggu (16/8/2015) pagi. Mereka berkontribusi menyumbang hadiah untuk perayaan Hari Kemederdekaan ke-70 yang diikuti 600 orang itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Calon bupati (cabup) petahana Agus Fatchur Rahman memberi bantuan hadiah utama berupa sepeda gunung. Pasangan Jaka Sumanta-Surojogo (Jago) memberi sejumlah hadiah yang dipasangi stiker berupa televisi, kipas angin, kompor, dan sejumlah hadiah lainnya. Pasangan Sugiyamto-Joko Saptono tak mau kalah. Mereka juga memberi hadiah jam dinding dan beberapa hadiah lainnya.

Pasangan Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Dedy Endriyatno (Yuni-Dedy) juga memberi hadiah dan doorprize untuk para peserta.

Sekretaris Panitia Jalan Sehat RW 016, Slamet Bagiyono, sempat mengumumkan kegiatan jalan sehat itu akan dihadiri Bupati Sragen dan wakilnya serta cabup dari Koalisi Sragen Baru (KSB) Jaka Sumanta. Slamet mengimbau kepada warga bersabar sejenak untuk menunggu kedatangan mereka. Warga mulai risau mengingat matahari mulai meninggi.

Akhirnya, Bupati Agus Fatchur Rahman tidak hadir dalam kesempatan itu. Hanya cabup KSB Jaka Sumanta yang hadir. Jaka mendapat kehormatan untuk melepas rombongan warga yang bersemangat jalan mengelilingi RW 016. Tanpa kata pengantar, Jaka pun langsung melepas rombongan dengan mengibarkan bendera ke atas. Jaka mengikuti kegiatan itu dari start sampai finis di simpang empat Kampung Tegalsari.
Jaka sempat menyuguhkan suaranya saat menyanyikan lagu cipataan Didi Kempot, Sewu Kutha.

“Panitia tidak mengundang mereka untuk hadir. Panitia memang sempat mendapat kabar Bupati akan hadir. Tetapi sampai mau diberangkatkan hanya Pak Jaka Sumanta yang hadir. Beliau hadir atas inisiatif pribadi bukan diundang panitia. Ya, karena beliau memberi hadiah kemudian ingin berkontribusi dalam acara perayaan Hari Kemerdekaan di kampung kami,” kata Slamet saat ditemui solopos.com, Minggu pagi.

Ketua Panitia Jalan Sehat RW 016, Teguh Santosa, mengatakan panitia memang mengajukan proposal kepada keempat pasangan calon yang bakal maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).

Dia menyampaikan semua proposal yang diajukan keempat calon terkabul dalam bentuk hadiah. Teguh menunjukkan hadiah-hadiah yang berasal dari para calon. Di samping sudah ditempeli stiker, kata dia, panitia juga menuliskan nama penyumbang hadiah.

“Bukan dari calon saja yang ditulis namanya. Bantuan dari toko masyarakat dan warga sendiri juga ditulis. Hadiah lainnya berasal dari iuran warga. Kegiatan ini rutin diadakan setiap momentum Hari Kemerdekaan. Kami tidak berkampanye karena semua calon dilibatkan untuk kontribusi hadiah,” tutur Teguh.

Terpisah, Jaka Sumanta saat berbincang dengan mengaku tidak tahu menahu tentang hadiah apa yang diberikan ke warga. “Saya hanya diminta datang untuk memberangkatkan jalan sehat,” kata Jaka singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya