Peringatan Hari Batik Nasional di Solo, Momentum Mewujudkan Misi Regenerasi

Berbagai elemen masyarakat, pejabat, dan pelaku usaha batik di Solo beramai-ramai merayakan Hari Batik Nasional 2022 yang jatuh pada Sabtu (1/2/2022). Festival, tour museum batik, hingga pameran batik digelar. 

 Warga membantik dalam Festival Laweyan saat peringatan Hari Batik Nasional, Sabtu (1/10/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Warga membantik dalam Festival Laweyan saat peringatan Hari Batik Nasional, Sabtu (1/10/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Berbagai elemen masyarakat, pejabat, dan pelaku usaha batik di Solo beramai-ramai merayakan Hari Batik Nasional 2022 yang jatuh pada Sabtu (1/2/2022). Festival, tour museum batik, hingga pameran batik digelar. 

Kampung Wisata Batik Kauman, salah satu sentra batik di Solo menggelar pameran dengan tajuk Pameran 1.000 Motif Batik Kuno & Kekinian. Pameran diikuti oleh belasan industri batik Kauman. Di antaranya Batik Soga, Ndalem Kuno H Nur Hidayat Efendi, Batik Gunasti, Ndalem Eyang H Masngadi, Batik Kaoeman, Batik Gunawan Setiawan, Batik Sekar Tandjung, Batik Tarum, Batik Domas, dan Batik SDK. Pameran ini berlangsung hingga Sabtu (2/9/2022) di Kampung Wisata Batik Kauman.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Ketua Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman, Gunawan Setiawan mengatakan pameran dengan motif kuno dan kekinian sengaja dipilih untuk menjaga kelestarian motif. Motif kuno dipamerkan agar makin dikenal masyarakat, sementara motif kekinian dipamerkan agar generasi muda tertarik pada batik.

“Kita menampilkan batik kuno dan kekinian ini merupakan jawaban bahwa batik itu masih ada. Sementara motif kekinian memang ini segmennya ke adik-adik muda ya,” kata Gunawan saat diwawancara Solopos di showroomnya.

Batik Danar Hadi menggelar event hari batik dengan tema Cerita Batikku, Sabtu (1/10/2022). Dengan menampilkan konsep edutainment, Cerita Batikku bertempat di House of Danar Hadi Solo, Jl Slamet Riyadi. Edukasi sekaligus hiburan sengaja membidik para pelajar tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMA.

Baca Juga: Konser Solo Batik Music Festival, Kemeriahan Musik dalam Nuansa Batik

Kegiatan Cerita Batik di House of Danar Hadi Solo dalam peringatan Hari Batik Nasional, Sabtu (1/10/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)
Kegiatan Cerita Batik di House of Danar Hadi Solo dalam peringatan Hari Batik Nasional, Sabtu (1/10/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Managing Director Batik Danar Hadi, Diana Santosa mengatakan konsep edutainment dipilih untuk memberikan edukasi tentang batik kepada generasi muda. Khususnya anak-anak usia sekolah.  

“Program ini merupakan bentuk komitmen serta kepedulian dari kami untuk terus mengembangkan industri batik di tanah air, khususnya didalam memberikan  edukasi serta pengenalan batik kepada generasi penerus bangsa,” ungkap Diana.

Ada juga aneka jajanan pasar, pameran batik, lomba fashion show, dan mural bersama. Di Hari Batik Nasional ini Danar Hadi berkomitmen menjaga dan terus mengembangkan batik agar bisa mendunia. Mereka ingin meregenerasi para pelaku usaha dan pecinta batik. Momen Hari Batik Nasional juga diharapkan mampu menjadi titik balik industri batik usai pandemi Covid-19.

“Batik memang akan terus berlangsung dan ada. Meski memang produksinya tak sebanyak dulu. Tapi generasi batik harus tetap dibentuk. Saat pandemi Covid-19, omzet kami hanya 20 persen dari omzet awal,” sambung dia.

Baca Juga: Usung Kearifan Lokal dalam Interior, Kereta Cepat Bisa Melaju 350 Km/Jam

Sementara di sentra batik sisi selatan Kota Solo, Festival Laweyan digelar dua hari. Peringatan Hari Batik Nasional dibuka dengan Nyanting Bareng yang diikuti oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Panitia Festival Laweyan 2022, Tom Festarandi mengatakan Minggu (2/10/2022) masih ada penampilan peragaan busana batik dengan iringan tari, musik, dan nyanyian etnik. Gelaran tersebut juga akan memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Nyanting Bareng ini diikuti oleh masyarakat umum, wisatawan, dan profesional. Harapannya mereka makin mengenal batik dan mau berkunjung ke Laweyan. Besok kita masih ada peragaan busana batik dengan iringan etnik dan pertama kali mendapat penghargaan MURI,” katanya saat diwawancara Solopos.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Penumpang Saat Nataru Bisa Capai 3,62 Juta Orang, Baru 367 Pesawat Serviceable

      Kemenhub mencatat jumlah pesawat yang siap dan dinyatakan laik terbang untuk melayani perjalanan masyarakat pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mencapai 367 unit.

      Tidak Kantongi Izin OJK, Bank Emas Terancam Denda Rp600 Miliar

      Lembaga jasa keuangan (LJK) yang melayani kegiatan usaha bank bullion atau bank emas tanpa restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat dikenai sanksi pidana hingga sanksi denda hingga Rp600 miliar.

      Inflasi Berpotensi Melambat pada Januari 2023, namun Kenaikan Diwaspadai

      Responden Survei Penjualan Eceran oleh Bank Indonesia meyakini akan terjadi penurunan laju inflasi pada Januari 2023. Namun, tetap terdapat kekhawatiran kenaikan setelahnya.

      Bakal Diawasi OJK, Begini Tanggapan Asosiasi Pedagang Kripto

      Tugas pengaturan dan pengawasan terhadap aset kripto akan dialihkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti diamanatkan Rancangan Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU PPSK) atau omnibus law keuangan.

      Siap-Siap, Kegiatan Usaha Bank Emas Tanpa Izin OJK Bisa Terancam Pidana

      Lembaga jasa keuangan (LJK) yang melakukan kegiatan usaha bank bullion atau bank emas tanpa restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat dikenai sanksi pidana.

      Isu Ketahanan Pangan Penting untuk Perekonomian Jateng ke Depan

      Selain potensi risiko global, potensi risiko domestic juga harus mendapat perhatian untuk perekonomian ke depan, termasuk untuk wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      OJK Bakal Awasi Pasar Kripto, Ini Dampaknya Menurut Pengamat

      Berpindahnya fungsi pengaturan dan pengawasan terhadap aset kripto ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Rancangan Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU PPSK) dinilai akan berimbas positif terhadap perkembangan instrumen tersebut di Indonesia.

      Tambang Batu Bara di Sawahlunto Meledak, ESDM Selidiki Penyebabnya

      Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih menyelidiki penyebab meledaknya tambang batu bara di Sawahlunto, Sumatra Barat pada Jumat (9/12/2022) pagi.

      Kepanjangan BPR Diubah Jadi Bank Perekonomian Rakyat, Ini Kata Sri Mulyani

      Berdasarkan Rancangan Undang-Undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU PPSK) atau Omnibus Law Keuangan, nama Bank Perkreditan Rakyat (BPR) diubah menjadi Bank Perekonomian Rakyat.

      Unik! Ada Pohon Natal Terbuat dari Produk UMKM di Harris Pop! Hotel Solo

      Harris Pop! Hotel Solo mendirikan tiga pohon natal dengan konsep unik untuk menyambut perayaan natal tahun 2022.

      Apartemen Meikarta Kembali Bermasalah, Pengembang Buka Suara

      PT Lippo Cikarang Tbk. (LPCK) selaku pengembang Apartemen Meikarta yang dianggap bermasalah oleh konsumen akhirnya buka suara.

      OJK Terbitkan Ketentuan Batas Maksimum Pemberian Kredit BPR dan BPRS

      OJK menerbitkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 23/2022 tentang Batas Maksimum Pemberian Kredit BPR dan Batas Maksimum Penyaluran Dana BPRS.

      Jelang Akhir Tahun Harga Pangan Cenderung Naik, Minyak dan Gula Pasir Melejit

      Harga sejumlah komoditas pangan terpantau naik pada Jumat (9/12/2022) hari ini, terutama untuk minyak goreng dan gula pasir.

      Proyek Meikarta Diduga Bermasalah, Ratusan Konsumen Tuntut Pengembalian Dana

      Proyek apartemen Meikarta yang dibangun oleh PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) diduga bermasalah.

      Melejit Jelang Akhir Pekan! Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 9 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian Rabu (6/12/2022) hari ini, terpantau turun untuk Antam dan cetakan UBS.