SOLOPOS.COM - Warga Tionghoa melakukan doa dalam acara hari ulang tahun Kwan Se Im Po Sat di klentheng Tien Kok Sie Pasar gede, Solo, Sabtu (19/7/2014) malam. Dalam acara tersebut juga diperingati Kwan Se Im Po Sat saat mencapai kesempurnaan. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO– Pertunjukan wayang potehi yang mengisahkan tentang kepahlawanan Jenderal Sie Jin Kui dibawakan dalang asal Surabaya, Mujiono, di hadapan puluhan umat Tri Dharma yang mendatangi Klenteng Tien Kok Sie di sebelah selatan Pasar Gede Solo, Sabtu (19/7/2014) malam.

Sementara iringan musik yang bersumber dari berbagai alat musik seperti gembreng, kecer, simbal, suling, gitar, rebab, tambur, dan terompet, dimainkan kelompok wayang potehi dari Semarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertunjukan wayang Tionghoa tersebut merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) Dewi Kwan Se Im Po Sat (Dewi Kwam Im) bagi umat Tri Dharma.

Sebagian dialog tokoh-tokoh wayang potehi tersebut disajikan Mujiono dalam Bahasa Indonesia. Meskipun hanya diiringi dengan peralatan sederhana, pertunjukan wayang tersebut mampu menyita perhatian bagi umat yang berada di klenteng tersebut.

Menurut pejabat Humas Klenteng Tien Kok Sie, Lian Hong Siang, serangkaian acara dalam rangka memperingati HUT Dewi Cinta Kasih di klenteng tersebut mulai digelar Selasa (15/7) hingga Kamis (24/7).

“Selain melaksanakan ritual keagamaan, kami juga mengadakan acara kebudayaan dengan tujuan melestarikan kebudayaan yang ada serta menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekitar klenteng,” ungkap Lian Hong Siang, ketika ditemui Espos di Klenteng Tien Kok Sie, Sabtu.

Lian Hong Siang menjelaskan HUT Dewi Kwam Im tersebut diperingati umat Tri Dharma setiap tanggal 19 bulan 6 kalender Imlek setiap tahunnya.

“Untuk tahun ini, jatuh pada tanggal 15 Juli lalu,” imbuhnya.

Rangkaian acara yang diadakan antara lain atraksi Barongsai dan Liong, yang dilanjutkan dengan ritual Tatung. Di sela-sela peringatan HUT tersebut, umat Tri Dharma juga sekaligus memperingati HUT Dewa Kwan Kong yang tahun ini berusia 1.892 tahun.

Lian Hong Siang mengatakan berbagai perayaan hari besar bagi umat Tri Dharma di Klenteng Tien Kok Sie dari tahun ke tahun semakin meriah. Hal itu didukung dengan semakin baiknya manajemen yang diterapkan dalam pengelolaan klenteng tersebut.

“Tentunya kami juga semakin meningkatkan manajemen agar tahun ke tahun menjadi lebih baik. Saat ini Klenteng Tien Kok Sie bukan hanya milik umat Tri Dharma, melainkan juga mampu berbaur dengan masyarakat di sekitarnya,” pungkas dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya