SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

ilustrasi (google img)

WASHINGTON--Peringatan 11 tahun tragedi 11 September di New York, Amerika Serikat (AS) akan dipusatkan di Ground Zero, bekas lokasi berdirinya World Trade Center (WTC). Akan ada saat hening secara serentak untuk mengenang para korban.

Promosi Jadi Merek Bank Paling Berharga di RI, Nilai Brand BRI Capai US$5,3 Miliar

Selain di New York, peringatan serupa juga digelar di Ibukota Washington dan sejumlah wilayah lainnya. Upacara peringatan secara resmi akan dimulai pukul 08.30 waktu setempat.

Ekspedisi Mudik 2024

Presiden AS Barack Obama akan memantau upacara peringatan ini dari Gedung Putih, Washington DC. Obama dan istrinya, Michelle Obama, akan mengikuti saat hening dari halaman Gedung Putih. Demikian seperti dilansir examiner.com, Selasa (11/9/2012).

Kemudian setelah itu, Obama akan menghadiri acara peringatan di markas Pentagon di Arlington County, Virginia. Sore harinya, Obama akan mengunjungi para anggota militer, kepolisian dan pemadam yang menjadi korban luka dalam insiden ini di Walter Reed National Military Medical Center, Washington.

Menteri Keamanan Nasional AS Janet Napolitano akan hadir langsung dalam peringatan yang digelar di bekas lokasi WTC.

Sedangkan Wakil Presiden Joe Biden akan menghadiri acara peringatan 11 September di Somerset County, Pennsylvania, bersama dengan korban pesawat United Airlines dengan nomor penerbangan 93 yang dibajak oleh teroris saat itu.

Malam harinya, momen peringatan yang diberi nama ‘Tribute in Light’ akan berlangsung di Ground Zero. Dimana lampu sorot sepanjang 48 km akan membumbung di angkasa sebagai bentuk penghormatan terhadap para korban.

Tragedi 11 September menjadi aksi teror paling mengerikan di AS. Aksi ini berawal ketika 19 orang anggota Al Qaeda membajak empat pesawat maskapai penerbangan. Dua dari empat pesawat itu diterbangkan ke arah gedung WTC di New York. Pesawat ketiga jatuh di gedung Pentagon, Washington DC. Sementara pesawat keempat jatuh di kawasan Summerset County, Pennsylvania, saat hendak mengarah ke Washington DC.mengalami kerusakan. Tragedi ini disebut 9/11 dan masih menjadi mimpi buruk bagi warga AS hingga kini.

Sekitar 3.000 orang tewas dan 8.900 orang lainnya luka-luka akibat aksi ini. Dampak kerusakannya sangat mengerikan. Dua menara gedung WTC hancur. Gedung Pentagon juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya