SOLOPOS.COM - internet

Jakarta–Hari ini, 1 Juni 2010, untuk pertama kalinya Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar acara peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945. Pada hari itu, Bung Karno dianggap pertama kali melansir Pancasila sebagai dasar filosofi negara.

Peringatan ini sendiri tidak ada dalam agenda kenegaraan, namun pelaksanaannya terkesan seperti agenda rutin kenegaraan. Selain Ketua MPR Taufiq Kiemas, hadir pula pimpinan-pimpinan lembaga tinggi negara lainnya seperti Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Ketua Mahkamah Agung Harifin Tumpa dan menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menariknya, pada pukul 09.30, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri muncul pula bersama putrinya, Puan Maharani. Mega yang berkebaya putih dipadu batik berwarna merah itu disambut Tjahjo Kumolo dan Pramono Anung, dua politisi kawakan PDIP di gerbang gedung Nusantara IV yang menjadi tempat acara.

Setelah Megawati datang, muncul pula mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sementara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden Boediono belum hadir karena acara memang dijadwalkan mulai pukul 10.00 ini. Selain Ketua MPR, Presiden juga dijadwalkan berpidato dalam acara ini.

Dengan begitu, untuk pertama kalinya setelah Debat peserta Pemilihan Presiden 2009, Megawati dan SBY bertemu.

vivanews/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya