Kategori: Tips

Perilaku Baru, Kontraktor Properti Ubah Desain Tata Ruang


Solopos.com/Yanita Petriella

Solopos.com, JAKARTA – Tren bekerja dan berkegiatan dari rumah selama pandemi Covid-19 membuat para pengembang turut serta memutar otak dalam mengubah desain tata ruang.

Ketua Umum Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI), Paulus Totok Lusida, mengatakan para pengembang terus menyesuaikan tata ruang rumah dengan kondisi saat ini. Hal ini agar aliran udara di rumah dapat mengalir dan kondusif.

"Tata letak ruang dan desainnya juga kami sesuaikan. Karena meskipun ada vaksinasi, nantinya tetap ada tren WFH [kerja dari rumah] dan memakai masker. Makanya tetap kami sesuaikan," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga: Fengsui Rumah Ini Perlu Diperhatikan Di Tahun Kerbau Logam

Para pengembang juga membangun hunian dengan ruang terbuka hijau yang lebih luas. Selain itu, para pengembang juga mengubah tata ruang untuk perkantoran dengan mengecilkan ruang perkantoran sesuai dengan tren saat ini.

Di pusat perbelanjaan pun juga disesuaikan tata ruangnya dengan tren saat ini yang tak membuat kerumunan. "Memang adanya Covid akan mengubah perilaku manusia dan kami, pengembang harus menyesuaikan itu," kata Totok.

Dia menuturkan diperlukan kebijakan tentang fleksibilitas perubahan fungsi ruang untuk gedung perkantoran di Jakarta. Hal itu dikarenakan banyaknya ruang kosong kantor yang dapat dialihfungsikan. "Agar office space dapat digunakan maksimal, memang perlu ada fleksibilitas," tuturnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Ivan Indrakesuma