SOLOPOS.COM - Ilustrasi es batu (Istimewa)

Perikanan Kulonprogo dapat terdongkrak berkat keberadaan pabrik es.

Harianjogja.com, KULONPROGO – Produksi pabrik es batu di Desa Karangwuni, Kecamatan wates, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mampu mencukupi kebutuhan es bagi nelayan dan petambak udang di wilayah setempat dan dari Kabupaten Bantul.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Penjabat sementara Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kulon Progo Sudarna di Kulonprogo, Sabtu (27/6/2015), mengatakan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangwuni mendapat dua unit pabrik es dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada 2011.

“Dari dua unit pabrik es, hanya satu pabrik es yang dioperasionalkan karena satu pabrik saja produksinya sudah mampu memenuhi kebutuhan es nelayan dan petambak udang di Kulonprogo dan Bantul,” kata Sudarna.

Ia mengatakan pabrik balok es ini penting untuk menjaga kualitas dan harga hasil tangkapan ikan nelayan dipasaran, bila hasil tangkapan ikan nelayan yang dipasarkan dalam kondisi baik tentu harganya akan tinggi.

Sebaliknya, bila kondisi ikan jelek tentu harga ikan akan anjlok, sementara biaya operasional nelayan selama melaut cukup tinggi, otomatis nelayan akan mengalami kerugian yang cukup besar.

“Sejak adanya pabrik es ini, biaya operasional nelayan selama melaut akan berkurang, pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan tersebut,” katanya.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKPP Kulon Progo Prabowo Sugondo mengatakan secara umum dengan adanya pembangunan pabrik es ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan es bagi nelayan dan pedagang di Kulon Progo, serta dapat meningkatkan nilai jual hasil tangkapan nelayan dan pedagang.

“Harapannya akan meningkatkan nilai kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pasisir yang dominan komunitas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan dan pedagang ikan,” kata Prabowo.

Ia mengatakan pabrik es ini tidak menyumbang pendapatan asli daerah karena murni bantuan pemberdayaan bagi nelayan. Selain itu, Kelompok Nelayan TPI Karawangwuni wajib menjaga pabrik es untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

“Kami berharap, seiring dengan adanya Pelabuhan Tanjung Adikarto, nelayan semakin sejahtera,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya