PERIKANAN JAWA TENGAH : BBI Siwarak Penuhi Kebutuhan Benih ke Sejumlah Daerah
ilustrasi (JIBI/dok)

Perikanan Jawa Tengah mendapat suplai benih ikan dari Balai Benih Ikan Sirawak.

Solopos.com, SEMARANG-Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan Siwarak Kabupaten Semarang mampu memenuhi kebutuhan benih ikan untuk sebagian wilayah di Jawa Tengah.

"Kami setiap bulannya mampu menjual 50.000 bibit ikan ke sejumlah daerah seperti Demak, Kudus, dan Purwodadi," kata Kepala Balai Benih Ikan (BBI) Siwarak Budi Rahardjo di Ungaran, Kamis (6/8/2015).

Dia mengatakan bahwa BBI Siwarak yang memiliki luas kurang lebih sekitar 2,2 hektare dengan 22 kolam mampu memenuhi kebutuhan bibit ikan di wilayah Kabupaten Semarang dan sekitarnya.

"Pembeli terbanyak dari tambak-tambak di Rawa Pening dan di sekitar Kabupaten Semarang tetapi ada juga pembeli yang berasal dari daerah lain," tambah petugas kolam Balai Benih Ikan Siwarak Maryadi.

Penjualan bibit ikan di BBI Siwarak, lanjutnya, hanya dilakukan pada Kamis sedangkan pada hari-hari biasa tidak dilakukan transaksi jual beli.

"Untuk Bibit ikan yang dikembangkan di sini yaitu ikan nila, ikan karper [ikan mas], dan ikan lele," tambahnya.

Dia menjelaskan dari kolam pembibitan yang ada di BBI Siwarak varietas unggul yang dibudidayakan yaitu bibit ikan nila hitam dan nila putih sedangkan untuk pembibitan ikan nila merah dilakukan di tempat berbeda yaitu di Suruh Salatiga.

"Proses pembibitan hingga bibit siap jual dilakukan sekitar 40 hari. Proses tersebut meliputi pemijahan, pendederan, pemisahan ukuran, hingga bibit siap jual," jelasnya.

Untuk ukuran bibit yang siap jual yaitu ukuran 3-5 cm yang dijual Rp7.000 per taker berisi sekitar 100 bibit ikan, sedangkan untuk ukuran 6-8 cm dijual Rp10.000 per taker yang juga berisi sekitar 100 bibit ikan, tambahnya.

Dia mengatakan ada sebanyak 22 kolam yang digunakan di BBI Siwarak, meliputi kolam pemijahan, kolam pendederan, kolam penampungan bibit, kolam tampungan induk, dan kolam ikan hias.

"Sumber air untuk kolam-kolam ini dari kaki Gunung Ungaran, air yang digunakan adalah air bersih yang selalu mengalir sehingga bibit ikan di sini merupakan varietas unggul," ujarnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho