PERIKANAN JATENG : Ombak Kembali Normal, Aktivitas TPI Pekalongan Ramai Lagi
Ilustrasi ikan tangkapan nelayan. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Perikanan di Jateng kembali ramai setelah gelombang air laut kembali normal.

Solopos.com, PEKALONGAN - Aktivitas lelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (27/2/2016), ramai kembali. Sebelumnya, aktivitas di TPI ini sempat lumpuh beberapa hari menyusul kondisi gelombang tinggi laut.

Kepala TPI Kota Pekalongan, Kasim Sumadi, mengatakan bahwa saat ini aktivitas lelang ikan mulai ramai setelah satu kapal nelayan jenis pursesaine membongkar hasil tangkapan ikan.

"Sebenarnya ada dua kapal nelayan jenis pursesaine yang sudah merapat ke pelabuhan. Tapi, baru satu kapal yang sudah membongkar hasil tangkapannya di TPI, Sabtu ini," kata Sumadi, Sabtu.

Menurut dia, produksi ikan yang dilelang di TPI Sabtu ini mencapai sekitar 55 ton atau setara Rp1,5 miliar.

"Oleh karena itu, kami memperkirakan aktivitas lelang ikan yang ramai hingga beberapa hari ke depan karena masih ada satu kapal pursesaine yang belum dibongkar hasil tangkapan ikan oleh nelayan," katanya.

Dengan kondisi gelombang yang masih tinggi yang terjadi pada pekan sebelumnya, kata dia, memang banyak kapal nelayan kecil, seperti Arek-arek, tidak melaut.

"Akan tetapi, saat ini kapal nelayan Arek-arek sudah mulai melaut. Mereka sudah melaut pada hari Jumat (26/2/2016) kemarin," katanya.

Akibat pasokan ikan yang masih relatif sedikit itu, lanjut dia, harga semua jenis ikan naik sekitar Rp2.000,00 per kilogram sampai Rp5.000,00/kg.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho