SOLOPOS.COM - ilustrasi pelelangan ikan hasil tangkapan. (JIBI/dok)

Perikanan Bojonegoro harganya tetap stabil meski pasokan ikan laut turun.

Madiunpos.com, BOJONEGORO – Harga ikan laut di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, stabil, meskipun pasokan ikan di pasar sempat turun akibat perolehan nelayan dari daerah penghasil ikan di Tuban anjlok sepekan terakhir.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Perolehan ikan oleh nelayan yang melaut turun drastis. Biasanya, perolehannya rata-rata 2-3 ton sekali melaut, sekarang hanya sekitar 2 kuintal,” kata Ny. Sulasih, pemilik kapal yang juga pedagang ikan laut di Pasar Kota, Bojonegoro, di Bojonegoro, Minggu (27/3/2016).

Hal senada disampaikan pemilik kapal lainnya asal Tuban, Ny. Suryanti, yang juga berjualan berbagai ikan laut di Pasar Kota Bojonegoro. “Paling banyak perahu saya hanya memperoleh 4 kuintal sekali miyang (melaut). Biasanya dalam kondisi normal bisa memperoleh 4-5 ton sekali melaut,” jelas Suryanti.

Menurut dia, nelayan kesulitan memperoleh ikan akibat pengaruh angin kencang di laut. “Pemilik kapal jelas rugi. Kalau angin laut tidak kencang, perolehan ikan bisa kembali normal,” kata dia.

Suryanti menerangkan biaya melaut dengan sekitar 30 tenaga kerja bisa mencapai Rp3 juta sekali melaut.

Selama ini, jelas Sulasih dan Suryanti, perolehan ikan laut dari kedua kapalnya itu yang memasok pedagang di pasar setempat. “Kalau dapatnya sedikit, diusahakan dibagi merata untuk pedagang yang berjualan di sini,” kata mereka.

Meski perolehan nelayan menurun, harga aneka ikan laut tetap stabil. “Stabilnya harga dipengaruhi oleh harga aneka ikan air tawar yang pasokannya kebetulan melimpah,” ucap pedagang ikan laut dan ikan air tawar, Bambang.

Berdasarkan data di Pasar Kota Bojonegoro, harga ikan tongkol Rp25.000 per kilogram, kakap Rp25.000-Rp30.000 per kilogram, dan kerapu Rp20.000 per kilogram.

Kemudian ikan tenggiri, rajungan, kepiting masing-masing Rp70.000 per kilogram, udang laut Rp40.000-Rp70.000 per kilogram. Sedangkan, cumi-cumi Rp40.000-Rp50.000 per kilogram, nus Rp25.000 per kilogram, kuningan Rp15.000 per kilogram dan barakuda Rp25.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya